Konflik Remaja Picu Pelajar Konsumsi Narkoba

Minggu, 16 November 2014 - 12:46 WIB
Konflik Remaja Picu Pelajar Konsumsi Narkoba
Konflik Remaja Picu Pelajar Konsumsi Narkoba
A A A
JAKARTA - Kenakalan pelajar dinilai merupakan salah satu tanda kegagalan dalam proses perkembangan jiwa remaja. Kondisi tersebut dinilai bisa menjadi potensi remaja menjadi pecandu narkoba.

Analisis Monitoring Manajemen Kekambuhan dan Wajib Lapor Deputi Bidang Rehabiltasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Rusdiana HB mengatakan secara psikologi, kenakalan pelajar merupakan wujud dari konflik yang tidak terselesaikan.

"Mereka akan mencari cara sendiri guna menyelesaikan masalahnya, seperti dengan mencoba-coba narkoba," tutur Rusdiana saat diskusi dengan pelajar SMK PGRI 4, Jakarta, Minggu (16/11/2014).

Menurut dia, penyalahgunaan narkoba pada pelajar dimulai dari tahap coba-coba dan kemudian menjadi kecanduan.

"Pelajar jangan mudah terpengaruh oleh teman sebaya, karena bandar narkoba memanfaatkan rekan sebaya untuk mencari mangsa untuk menjadikannya pecandu narkoba," tambahnya.

Selain itu, lanjut Rusdianan, sekolah juga perlu melakukan kontrol secara terus-menerus terhadap anak didiknya demi menyelamatkan mereka dari penyalahgunaan narkoba.

Apabila terdapat anak didiknya yang menjadi pengguna maka sekolah harus memberikan sanksi kepada pelajar tersebut.

"Pelajar diminta untuk menjaga diri dari penyalahgunaan narkoba dan juga harus berani menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba, maka jadilah polisi bagi diri sendiri," tutup Rusdiana.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5841 seconds (0.1#10.140)