50% Lebih DPD Golkar Dukung Pencalonan Ical

Sabtu, 15 November 2014 - 02:49 WIB
50% Lebih DPD Golkar...
50% Lebih DPD Golkar Dukung Pencalonan Ical
A A A
JAKARTA - Sebanyak 50% dewan pimpinan daerah (DPD) Partai Golkar menginginkan agar Aburizal Bakrie atau Ical kembali mencalonkan diri menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar.

"Faktanya hari ini banyak sekali pengurus di kabupaten dan provinsi yang memberi dukungan ke ARB (Aburizal Bakrie atau Ical), bahkan lebih dari 50%," ujar Sekeretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Idrus Marham di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Jumat 14 November 2014.

Dengan dukungan itu, lanjut dia, Ical harus kembali maju mencalonkan diri menjadi ketua umum pada Musyawarah Nasional (Munas) Golkar mendatang.

"ARB (Aburizal Bakrie) maju didukung 50% pemilik suara. Kalau tidak mau, ARB tidak bertanggung jawab," ujar Idrus.

Idrus membantah rumor Ical menjegal pencalonan kader lain dalam sebuah rapat pleno partai.

Idrus menegaskan justru Ical menegaskan munas harus berlangsung secara demokratis.
"Siapa yang dikehendaki pengurus partai (sebagai ketua umum) harus diterima sebagai keputusan munas untuk memimpin partai lima tahun ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Hajriyanto Y Thohari berpendapat, secara legal formal Ical punya hak untuk maju lagi sebagai ketua umum.

Secara prosedural juga tidak ada yang dilanggar karena, dalam AD/ART Golkar dan Peraturan Organisasi (PO) tidak ada pembatasan berapa kali atau berapa periode seseorang untuk menjadi ketua umum Golkar.

"Alhasil, jika dilihat dari perspektif legal formal dan prosedural saja tidak ada yang salah dengan kesiapan Pak ARB untuk maju lagi dalam termin yang kedua," tutur mantan Wakil Ketua MPR di Jakarta.

Namun demikian, lanjut Hariyanto, dalam demokrasi juga mengharuskan berjalannya rotasi kepemimpinan agar organisasi tetap segar dan memiliki sesuatu yang baru.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)