10 Daerah Produsen Batik Terpopuler

Kamis, 13 November 2014 - 14:18 WIB
10 Daerah Produsen Batik Terpopuler
10 Daerah Produsen Batik Terpopuler
A A A
Batik Indonesia dengan keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motifnya menjadi warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity) yang ditetapkan UNESCO pada 2009.

Kekayaan seni ini menjelma menjadi tren berbusana global. Motif batik memiliki karakteristik tersendiri berdasarkan daerah asal pembuatannya. Berikut 10 daerah produsen batik terpopuler hasil pilihan pembaca KORAN SINDO.

1.Solo

Kota di Tanah Jawa yang juga dikenal dengan nama Surakarta ini sangat populer dengan batiknya. Batik solo pada umumnya memiliki motif yang menggambarkan alam seperti bunga serta burung. Pola dan motif batik solo juga memiliki simbol dan makna yang berbeda yaitu sido mulyo simbol kebahagiaan, sido dadi simbol kemakmuran, satrio wibowo simbol kemartabatan, dan tikel asmorodono simbol cinta. Untuk melihat proses pembuatan batik solo, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Kampoeng Batik Laweyan di Desa Laweyan.

2.Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai jantung budaya batik. Batik yogya biasanya didominasi oleh warna-warna natural seperti cokelat, hitam, putih, nila, dan krem. Salah satu motif batik yogya adalah grompol. Biasanya batik dengan motif ini digunakan pada saat upacara pernikahan atau upacara tradisional. Ingin berburu batik yogya? Anda bisa mampir ke Pasar Tradisional Bringhardjo. Di sini dijual berbagai macam koleksi batik yogya dengan harga bervariasi.

3.Pekalongan

Pekalongan dikenal sebagai kota pengrajin batik. Sanggar dan pabrik pembuatan pabrik tersebar di berbagai titik. Batik pekalongan pada umumnya berwarna cerah dan bertemakan alam dengan tekstur dan desain yang lembut. Sebagian besar motif warna-warni tersebut dipengaruhi budaya dari negara lain seperti China, Arab, dan Belanda. Jika di Yogyakarta ada Pasar Bringhardjo, di Pekalongan, Anda bisa mengunjungi Pasar Grosir Setono yang sudah berdiri sejak 1939.

4.Cirebon

Batik cirebon banyak terpengaruh oleh budaya China. Ini tidak terlepas dari banyaknya populasi etnis China yang tersebar di sana. Motif batik cirebon biasanya menyerupai hewan seperti naga, singa, gajah, dan harimau. Namun ada juga motif yang menyerupai awan dan gunung. Batik cirebon dikenal sebagai “Kencana Ungu” yang dibuat di atas kain tenun terbaik. Salah satu sentra produksi batik di Cirebon adalah Batik Trusmi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0929 seconds (10.101#12.26)