Bandung Berpesta dan Bersukacita

Minggu, 09 November 2014 - 11:50 WIB
Bandung Berpesta dan...
Bandung Berpesta dan Bersukacita
A A A
BANDUNG - Rakyat Bandung berpesta, rakyat Bandung bersukacita. Mereka benar-benar menumpahkan kegembiraan dengan memadati jalan-jalan di Bandung atas raihan gelar juara Persib.

Puasa gelar klub kebanggaan mereka ini selama 19 tahun di ajang kompetisi sepak bola domestik membuat masyarakat Bandung meluapkan kegembiraan. Kemarin para pemain, pelatih, manajer, dan ofisial Persib Bandung tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menggunakan pesawat Hercules jenis CN 295.

Kedatangan jawara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini langsung disambut ribuan bobotoh (sebutan pendukung Persib Bandung). Seusai beristirahat sekitar pukul 12.30 WIB, mereka diarak melalui jalur Abdurahman Saleh, Cihampelas, Wastu Kencana, Jalan Merdeka, Tamblong, dan finis di Mes Persib Jalam Ahmad Yani Bandung.

”Luar biasa saya sangat terharu, mulai kita naik pesawat di Palembang hingga sampai ke mes, semua sangat mendukung kami,” tegas Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar dengan nada seraknya. Sudah 19 tahun puasa gelar membuat kegembiraan bobotoh memuncak. Kecintaan bobotoh layaknya ketika urang Bandung memacetkan jalanan di Kota Bandung saat Persib juara 1994-1995 dirasakan lagi pada tahun ini.

Aparat Kepolisian Resor Kota Besar Bandung turut mengamankan jalur penyambutan tim Persib Bandung yang diarak ribuan pencinta Persib menuju mes. Ribuan sepeda motor bobotoh menyesaki ruas jalan. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) menuturkan raihan gelar juara Persib musim ini menjadi sebuah catatan sejarah yang akan terus dikenang warga Bandung dan Jawa Barat.

”Persib bukan milik Bandung atau Jabar, tapi Indonesia. Terima kasih untuk pemain, manajer, dan ofisial,” katanya. Sesampainya di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani Bandung, ribuan bobotoh disapa langsung oleh semua pemain. Teriakan yel-yel tak henti diserukan para pencinta Persib itu.

Hingga sore hari para bobotoh masih memenuhi lapangan dan tribun di Mes Persib yang diguyur hujan. Namun kecintaan terhadap Persib tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus menyanyikan yel-yel diiringi genderang. Pesta rakyat Bandung tak hanya kemarin. Hari ini sebagai wujud rasa syukur, Pemkot Bandung akan menggelar pesta rakyat.

Seluruh pemain Persib akan diarak mengelilingi Kota Bandung menggunakan dua Bus Bandros (wisata). Arak-arakan akan dimulai dari depan Mapolda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta sekitar pukul 14.00 hingga berakhir di Gasibu. Emil menuturkan selama sekitar tiga jam pawai arak-arakan akan melintasi ruas-ruas jalan dari timur ke barat Kota Bandung. Tujuannya agar semua warga Bandung dapat melihat arak-arakan para pemain Persib.

Selain menggunakan dua Bus Bandros, pesta rakyat ini akan diikuti mobil hias dari seluruh kecamatan di Kota Bandung. Selain itu beberapa klub motor juga akan ikut dalam rombongan. ”Mobil bak terbuka dari tiap kecamatan ini akan memuat bobotoh. Satu kecamatan satu mobil saja dengan dihias dan ada perkusi-perkusian,” ucap Emil.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Herlan JS menambahkan, setelah rombongan arak-arakan berakhir, acara akan dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah itu acara diakhiri dengan pelepasan lampion dan doa bersama. ”Syukuran rakyatnya dimulai berupa makan malam tumpeng-tumpengan yang dibawa dari kelurahankelurahan. Ada hiburan musiknya juga dan terakhir akan ada pelepasan lampion berwarna biru sebagai warna kebesaran Persib,” katanya.

Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Dhafi mengatakan akan menerjunkan sekitar 3.000 personel untuk mengamankan jalannya acara. Sejumlah pasukan akan ditempatkan di ruas jalan yang dilalui arak-arakan mulai dari titik awal di Mapolda Jabar hingga finis di Gasibu. Atas prestasinya ini, Maung Bandung (julukan Persib) akan mendapatkan bonus Rp1 miliar dari PT Persib Bandung Bermartabat selaku perusahaan yang menaungi klub Persib.

Begitu juga bonus yang tidak kalah spektakuler, yaitu semua pemain yang beragama Islam akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah umrah. ”Secepatnya akan saya atur waktunya dan saya akan liat dulu cuaca di sana. Untuk yang nonmuslim tentu ada bonus lain,” kata Umuh.

Tidak hanya dari Umuh, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun berkomitmen untuk memberikan hadiah untuk tim Persib Bandung yang berhasil jadi juara setela 19 tahun mereka puasa gelar.

Panji qadhafi/Dian rosadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)