Pesawat Tabrak Kerbau

Sabtu, 08 November 2014 - 13:16 WIB
Pesawat Tabrak Kerbau
Pesawat Tabrak Kerbau
A A A
Peristiwa langka terjadi di India. Pesawat terbang milik maskapai India, SpiceJet, menabrak seekor kerbau liar saat hendak lepas landas di Bandara Surat, India. Beruntung, semua penumpang pesawat dan awak kabin selamat.

Sementara sang kerbau tewas seketika. Pesawat yang mengangkut 146 penumpang dan awak kabin ini akhirnya dilarang terbang karena terjadi kerusakan pascainsiden pada Kamis (6/11) itu. Pihak SpiceJet mengatakan, kerbau tersebut tertabrak pesawat karena tidak terlihat oleh pilot akibat landasan pacu yang berwarna hitam.

Maskapai SpiceJet merupakan perusahaan penerbangan dengan pangsa pasar terbesar keempat di India. Dalam pernyataan resminya, Spice Jet mengatakan bahwa saat insiden terjadi pesawat Boeing 737-800 tersebut sudah dalam kecepatan tinggi dan hendak lepas landas. Akibat kecelakaan ini, seluruh penumpang dipindahkan ke pesawat lain untuk melanjutkan penerbangan.

“Hewan-hewan liar banyak berkeliaran dan menjadi ancaman di beberapa bandara. Insiden ini berpengaruh kepada operasional bandara. Karena itu, jalur penerbangan SpiceJet dari Bandara Surat akan ditangguhkan tanpa batas waktu,” tulis pernyataan pihak Spice- Jet, seperti dilansir BBC.

Prabhakar Joshi, seorang penumpang, mengaku mendengar suara berisik seperti ada sesuatu yang menghantam roda pesawat sesaat sebelum pesawat berada pada kecepatan maksimal. “Jika terjadi beberapa detik kemudian setelah pesawat lepas landas, tentu akan menjadi bencana buat kami semua,” ungkap Joshi kepada stasiun televisi NDTV . India mempunyai catatan bagus dalam sejarah penerbangannya selama dekade terakhir.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3160 seconds (0.1#10.140)