Sejumlah Agenda Jokowi di Pertemuan Internasional

Jum'at, 07 November 2014 - 19:38 WIB
Sejumlah Agenda Jokowi di Pertemuan Internasional
Sejumlah Agenda Jokowi di Pertemuan Internasional
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri sejumlah forum internasional baik APEC, KTT ASEAN dan G-20. APEC dilaksanakan di Beijing China, KTT ASEAN di Myanmar dan G-20 di Brisbane Australia.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto mengatakan, membawa isu pembangunan infrastruktur Asia. Pasalnya, merupakan program bersama antara pemerintah Tiongkok dengan negara-negara ASEAN ditambah 10 negara lainnya.

"Jadi ada sekitar 20-an negara yang terlibat di sana. Secara khusus Pak Jokowi akan memadukan gagasan kita tentang poros maritim dunia, dengan konsespsi China berkaitan dengan Jalan Sutera Baru di abad 21," kata Andi di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (7/11/2014.

Andi menjelaskan, dalam APEC nantinya Presiden Jokowi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladmir Putin, Presiden AS Barack Obama. Jokowi juga akan ditemui secara khusus oleh Presiden Tiongkok dan PM Tiongkok.

"Nah di sana juga ada rencana Pak Jokowi akan berkunjung ke kawasan industri. Di Tianjin, China. Setelah itu ke ASEAN, di ASEAN itu KTT beruntun, ada ASEAN plus 1, ASEAN plus India, ASEAN plus PBB, ada EAS ditutup dengan EAS. Di sana Pak Jokowi akan menjelaskan secara lebih elaboratif tentang doktrin politik luar negeri Indonesia yang baru, jadi menggunakan KTT Asia Timur untuk menjelaskan itu," kata dia.

Andi menjelaskan, Jokowi juga akan bertemu PM Australia di KTT G20. Jokowi akan menjelaskan tentang situasi ekonomi global dan harapan Indonesia ke depannya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2263 seconds (0.1#10.140)