Pelawak Tessy Diciduk saat Pesta Sabu

Rabu, 29 Oktober 2014 - 15:02 WIB
Pelawak Tessy Diciduk...
Pelawak Tessy Diciduk saat Pesta Sabu
A A A
JAKARTA - Direktorat Narkotika Mabes Polri membenarkan adanya penangkapan terhadap salah seorang pelawak bernama Kabul Basuki alias Tessy, 66, di kawasan Bekasi Utara, Jawa Barat, pada Kamis lalu (23/10).

Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri Brigjen Anjan Pramuka menjelaskan, sebelum ditangkap, Tessy diduga telah berulang kali menggelar pesta sabu-sabu bersama teman-temannya di rumah tersebut. Kegiatan itu sendiri telah dipantau jajarannya selama beberapa bulan.

Anjan mengatakan, sebelum dilakukan penangkapan, Tessy mengaku membeli barang haram itu dari seorang pria berinisial JH di depan rumahnya yang berada di Jalan Kerja Bakti, Makasar, Jakarta Timur. Olehnya barang itu kemudian dibawa ke rumah kawannya berinisial AJ yang berada di Bekasi Utara sekitar pukul 21.00 WIB.

"Sebelum berangkat dia mengaku sempat mengonsumsi sabu di rumahnya. Lalu berangkat menuju rumah temannya dan ketika sampai di rumah temannya itulah petugas kemudian meringkusnya," beber Anjan.

Selain Tessy, petugas juga berhasil menangkap AJ dan teman lainnya berinisial PS. Menurut Anjan rencananya di rumah tersebut ketiganya akan menggelar pesta narkoba. "Untuk pembelian narkoba ini AJ yang dimodali lebih banyak dengan total uang patungan sebesar Rp2,3 juta," katanya.

Pada saat diamankan, pelawak yang dibesarkan oleh grup Srimulat ini diketahui sempat melakukan tindakan bunuh diri dengan cara menenggak cairan pembersih lantai. Informasi ini pun dibenarkan Anjan. Dia menjelaskan hal itu dilakukan setelah Tessy mengelabui petugas dengan meminta ke kamar mandi."Begitu mau dibawa ke kantor dia bilang mau ke toilet dan ternyata dia minum pembersih kloset," ungkapnya.

Akibat aksi nekatnya ini Tessy dilarikan ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur untuk mendapatkan perawatan intensif. Hingga saat ini kondisinya terus mengalami peningkatan.

"Karena sebelum dibawa ke rumah sakit tersangka sempat muntah dan mengeluarkan cairan berwarna biru. Sejak itu dirawat selama beberapa hari saat ini kondisinya berangsur membaik," katanya.

Lebih jauh Anjan menyatakan, pihaknya masih berupaya mengejar jaringan narkoba yang memasok narkoba kepada Tessy. Khususnya JH yang disebut Tessy memberikan barang itu sebelum dirinya berangkat ke Bekasi.

Seperti diketahui, sebelum penangkapan Tessy ini, namanama seniman lain juga sempat diciduk petugas karena kasus narkotika. Sebut saja Margono alias Gogon yang memiliki dan mengonsumsi sabu-sabu dan ekstasi. Juga ada nama Sudarmaji alias Doyok yang ditangkap pada pertengahan 2000 silam karena kasus serupa. Belum lagi Barata Nugraha alias Polo yang juga sempat merasakan dinginnya jeruji besi karena kedapatan menyimpan sabusabu seberat 0,5 gram.

Dian ramdhani
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6385 seconds (0.1#10.140)