Kawasan Penangkaran Lutung Jadi Wisata Edukasi

Rabu, 29 Oktober 2014 - 13:01 WIB
Kawasan Penangkaran Lutung Jadi Wisata Edukasi
Kawasan Penangkaran Lutung Jadi Wisata Edukasi
A A A
BATU - Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengusulkan agar kawasan penangkaran lutung Jawa diwana wisata CobanTalun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur, dijadikan kawasan wisata edukasi.

Pemkot Batu bahkan siap memfasilitasi kerja sama pemanfaatan hutan dengan Perhutani. “Anak-anak pelajar SD-SMA bisa belajar tentang alam dan binatang di tempat ini. Jadi, perlu dikembangkan lagi pemanfaatan lahan hutan di Coban Talun ini untuk wanawisata edukasi,” kata Eddy saat meninjau area penangkaran lutung Jawa yang dikelola Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Javan Langur Center (JLC). Menurut wali kota, pemerintah siap membantu perbaikan fasilitas umum (fasum) menuju area penangkaran lutung Jawa itu.

Jalan menuju lokasi penangkaran yang kini masih berupa jalan tanah akan diaspal agar rombongan siswa yang ingin belajar tentang hutan dan satwa bisa lancar masuk ke area penangkarannya. Project Manager JLC Iwan Kurniawan menyatakan, selama ini pihaknya bekerja sama dengan kepala SDN di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, untuk mengenalkan aktivitas penangkaran lutung Jawa di Coban Talun.

“Kami siap-siap saja jika diminta pemerintah mengembangkan kawasan wisata edukasi. Hanya, persoalan teknis yang perlu diatur agar wisatawan yang datang, terutama siswa sekolah tidak mengganggu kegiatan penangkaran lutung Jawa itu,” urai Iwan. Sejak 2012 sampai saat ini sudah ada 23 ekor lutung yang dilepas ke alam bebas. Tepatnya, disisi timur Gunung Biru. Pemilihan kawasan hutan Gunung Biru karena daerah ini termasuk endemis atau tempat hidup lutung Jawa.

Dari 23 ekor lutung Jawa yang dilepas di kawasan Gunung Biru, ditengarai sudah ada yang melahirkan anak sampai dua ekor. “Akhir bulan ini kami akan melepas empat ekor lutung lagi. Satu ekor pejantan bernama Bobby. Tiga ekor lutung betina bernama Rus, Linseed, dan Diamond, yang berasal dari Kebun Binatang Howletts Wild Animal Park di Inggris,” sebut Iwan.

Maman adi saputro
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1422 seconds (0.1#10.140)