Kapten Timnas Afsel Ditembak Mati Perampok

Selasa, 28 Oktober 2014 - 16:58 WIB
Kapten Timnas Afsel Ditembak Mati Perampok
Kapten Timnas Afsel Ditembak Mati Perampok
A A A
JOHANNESBURG - Kapten tim nasional sepak bola Afrika Selatan, Senzo Meyiwa, meninggal dunia akibat ditembak saat melindungi kekasihnya pada Minggu (26/10) waktu setempat. Penembakan Meyiwa terjadi di rumah kekasihnya yang juga penyanyi,Kelly Khumalo, di Vosloorus, selatan Johannesburg.

Berdasarkan keterangan kepolisian Afsel, dua pria masuk ke dalam rumah sekitar pukul 20.00 waktu setempat atau 01.00 dini hari waktu Indonesia."Dua pria itu mencuri ponsel, uang, dan barang berharga lain," kata pejabat Keselamatan Komunitas Provinsi, Sizakele Nkosi-Malubane, dikutip Reuters. Adapun pria ketiga menunggu di luar rumah. Ketiga pria kabur sesaat setelah tembakan dilepaskan.

Nkosi-Malubane menjelaskan, Meyiwa dinyatakan meninggal ketika tiba di rumah sakit."Senzo Meyiwa berusaha melindungi Kelly karena salah seorang perampok mengarahkan senjata kepadanya," tutur Malubane.

Komisioner Polisi Nasional Riah Phiyega mengumumkan pembentukan tim khusus untuk menginvestigasi pembunuhan itu. Uang senilai USD14.000 atau Rp169,68 juta ditawarkan kepada publik atas informasi yang berujung pada penangkapan para perampok itu.

Pelatih timnas Afsel, Ephraim Mashaba, beserta beberapa anggota timnas lain datang ke rumah sakit sesaat setelah Meyiwa dikabarkan meninggal dunia. Beberapa jam sebelum mengembuskan napas terakhir, Meyiwa bermain untuk Orlando Pirates yang melaju ke semifinal Piala Liga Afsel. Saat itu Pirates mengalahkan Ajax Cape Town 4-1.

"Ini adalah kehilangan yang menyedihkan dari sudut pandang manapun, bagi keluarga Senzo, keluarga besarnya, Orlando Pirates, dan untuk negara ini," kata Direktur Pirates, Irvin Khoza, dikutip BBC.

Presiden Afsel Jacob Zuma kemarin mengirimkan ucapan duka atas meninggalnya Meyiwa. “Kami berduka atas meninggalnya pemain sepak bola muda dan kapten timnas yang nyawanya diambil di saat kariernya di puncak,” kata Presiden Zuma.

Kematian Meyiwa menjadi sorotan peningkatan angka kriminalitas di Afsel. Apalagi, aksi kekerasan itu setelah vonis bagi atlet paralimpik Oscar Pistorius selama lima tahun penjara karena membunuh kekasihnya, Reeva Steenkamp. Lebih dari 17.000 orang dibunuh di Afsel antara April 2013 dan Maret 2014. Meningkat sebanyak 800 orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Andika hendra m
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4964 seconds (0.1#10.140)