Konferensi Jurnalis Televisi Asia Pasifik Hasilkan Prakarsa Manado

Minggu, 12 Oktober 2014 - 11:54 WIB
Konferensi Jurnalis...
Konferensi Jurnalis Televisi Asia Pasifik Hasilkan Prakarsa Manado
A A A
JAKARTA - Konferensi Jurnalis Televisi Asia asifik yang berlangsung di Kota Manado, Sulawesi Utara menghasilkan delapan keputusan.

Delapan keputusan itu tertuang dalam Prakarsa Manado. Beberapa poin yang menjadi fokus dalam prakarsa Manado yaitu upaya untuk mendorong perusahaan pers untuk meningkatkan kesejahteraan jurnalis, serta upaya menggalang kerja sama dan solidaritas profesi jurnalis dalam menghadapi era digital dan pasar bebas.

Konferensi ini merupaka tindaklanjut kegiatan serupa yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Surabaya, Jawa Timur, tahun lalu.

Sembilan negara di Asia Pasifik yang terlibat dalam konferensi sepakat me-review hasil Prakarsa Surabaya yang dituangkan kembali kedalam Prakarsa Manado.

Para jurnalis televisi se-Asia Pasifik sepakat menjadikan Prakarsa Manado sebagai pegangan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya baik di nasional maupun internasional.

Delapan poin rumusan Prakarsa Manado terdiri dari empat poin Prakarsa Nasional dan empat point Prakarsa Internasional, yakni.

1. IJTI akan menjalankan Prakarsa Surabaya

2. IJTI Bekerjasama dengan perusahaan pers berupaya meningkatkan kompetensi, dan profesionalisme

3. IJTI juga mendorong perusahaan pers meningkatkan kesejahteraan jurnalis

4. IJTI akan menggalang kerjasama dan solidaritas profesi jurnalis dalam menghadapai era digital dan pasar bebas.

Prakarsa Internasional

1. Jurnalis televisi Asia Pasifik bertekad untuk terus melanjutkan dana memperjuangkan prakarsa Surabaya

2. Jurnalis televisi Asia Pasifik memandang perkembangan teknologi informasi dan penyiaran sebagai sebuah keniscayaan yang harus dihadapi dengan peningkatan profesionalisme dan kompetensi

3. Dalam rangka mewujudkan dan menjaga kebebasan jurnalisti untuk kepentingan publik, jurnalis televise Asia Pasifik bersepakat terus menjaga dan meningkatkan solidaritas profesi jurnalis.

4. Bersepakat membentuk kelompok kerja (working group) utnuk menjadi cikal bakal Asosiasi Jurnalis Televisi Asia Pasifik. Asosiasi ini akan beranggotakan organisasi profesi jurnalis televise dari Asia Pasifik

Dalam keterangan pers yang diterima Sindonews pada Minggu (12/10/2014), Ketua umum IJTI Yadi Hendriana berharap konferensi ini semakin meningkatkan soliditas para jurnalis televisi di Asia Pasifik.

Dia berharap peran jurnalis televisi dalam meningkatkan kualitas kehidupan suatu bangsa serta menjaga perdamain dunia bisa terwujud.

Konferensi tersebut dihadiri oleh perwakilan berbagai negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Tiongkok , Australia, Thailand, Timor Leste
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)