Jelang Puncak HUT TNI, Puluhan Ribu Prajurit Dilibatkan

Selasa, 07 Oktober 2014 - 09:21 WIB
Jelang Puncak HUT TNI,...
Jelang Puncak HUT TNI, Puluhan Ribu Prajurit Dilibatkan
A A A
SURABAYA - Jelang HUT TNI ke-69, suasana meriah penuhi Markas Komando Armada Timur, Dermaga Ujung Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014).

Puluhan ribu prajurit dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU), tengah mempersiapkan diri jelang peringatan puncak HUT TNI tersebut.

Seperti pantauan Sindonews di lokasi, terlihat puluhan ribu prajurit tengah melakukan briefing untuk pelaksanaan upacara. Sementara di sudut lain Markas Koarmatim, beberapa prajurit tampak menyusun perlengkapan yang akan digunakan dalam upacara.

Hadir pula ratusan alat utama sistem senjata (alutsista) yang akan berparade seusai upacara. Berdasarkan informasi, sekitar 526 alutsista terdiri atas 192 alutsista TNI AD, 195 alutsista TNI AL, dan 139 alutsista TNI AU, akan unjuk gigi di depan Panglima Tertinggi TNI, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rencananya acara akan dimulai dengan upacara pukul 09.00 WIB. Kemudian akan ada defile (parade) prajurit. Kemudian, usai pemberian penganugerahan dan pembacaan keputusan, beragam alutsista akan mulai diparadekan.

Kendaraan tempur AD seperti tank Leopard, tank Marauder, tank Scorpion, hingga Panser Anoa akan menggetarkan jalanan di Koarmatim. KRI, sea rider, hingga LVT milik TNI AL juga akan meriahkan Dermaga Timur, Surabaya.

Sementara itu, AU akan menampilkan Pesawat F-5, Heli SA-330, F-16 Falcon hingga Sukhoi siap menghitamkan langit Surabaya.

Para pengunjung juga akan disuguhi berbagai macam atraksi, seperti dogfight (aksi serangan udara) pesawat terbang, bantuan penembakan, operasi pembebasan sandera, operasi lintas udara, hingga aksi bela diri TNI.

Petinggi nasional dan negara asing akan hadir dalam acara ini. Selain Presiden SBY, Ibu Ani Yudhoyono, Wapres dan ibu dan Herawati Boediono ikut hadir dalam acara ini.

Mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga dijadwalkan akan hadir dalam acara ini. TNI pun mengundang para purnawirawan dan veteran seperti Jenderal (purn) Wiranto dan Jenderal (purn) Try Sutrisno.

Tidak luput, Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) beserta keluarga akan hadir dalam acara ini.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)