TNI Pamerkan Ratusan Senjata Perang

Minggu, 05 Oktober 2014 - 07:10 WIB
TNI Pamerkan Ratusan Senjata Perang
TNI Pamerkan Ratusan Senjata Perang
A A A
JAKARTA - Sebanyak 592 alat utama sistem persenjataan (alutsista) akan dipamerkan dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-69 TNI.

Acara HUT digelar di Dermaga Ujung Surabaya, Jawa Timur, Selasa 7 Oktober mendatang. Dari 592 alutsista itu, sebanyak 205 di antaranya unit pesawat terbang.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Ida Bagus Putu menjelaskan dari 205 pesawat yang akan tampil pada HUT TNI itu, 150 di antaranya merupakan milik TNI Angkatan Udara (AU).

"Kami akan membawa pesawat UAV tanpa awak, pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat latih, dan helikopter. Pesawat-pesawat ini dibawa dari empat pangkalan udara yakni Lanud Halim PK, Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Juanda Surabaya, dan Lanud Abdul Rahman Saleh Malang," tutur Putu dalam jumpa pers gladi resik acara di Dermaga Ujung Surabaya, Sabtu 4 Oktober 2014.

"Pesawat tanpa awak akan bisa mengirimkan gambar lokasi upacara, akan terbang pada ketinggian 12 ribu kaki," tambahnya.

Putu menjelaskan, dalam perayaan nanti, AU pun akan mempertontonkan demo udara seperti fly pass, serangan udara, penerjunan pasukan, dan air cover.

"Fly pass semua pesawat akan lewat dalam formasi besar. 42 pesawat tempur, 16 Hercules. Mengakhiri demonya dengan satu salam terakhir 1 flight 4 pesawat F-16 dan 4 Sukhoi," kata Putu.

Selain demo di udara, lanjut Putu, AU akan menampilkan personil dari Paskhas termasuk pasukan elite Den Bravo (antiteroris).
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7288 seconds (0.1#10.140)