Ziaul Haq Nawawi, Pemberdaya Masyarakat

Kamis, 02 Oktober 2014 - 20:10 WIB
Ziaul Haq Nawawi, Pemberdaya Masyarakat
Ziaul Haq Nawawi, Pemberdaya Masyarakat
A A A
JAKARTA - Ziaul Haq Nawawi aktif memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir serta pelestarian lingkungan. Ia aktif memberikan pelatihan kewirausahaan dan membina beberapa kelompok wirausaha rumah tangga seperti Abon Sehat, Juku Kalotoro (pengemasan ikan asin), kripik rumput laut, kripik ikan, dan selai nanas.

Pria berusia 33 tahuan ini mendedikasikan diri di wilayah pelosok dan pesisir Indonesia setelah lulus dari Universitas Hasanuddin di Jurusan Perikanan.

Produk-produk yang dibina berbasis pemberdayaan ibu-ibu dengan menekankan makanan sehat (tanpa MSG) dan setiap 10% hasil keuntungan digunakan untuk pelestarian lingkungan penanaman bakau di wilayah Buton, Luwuk Utara, Kab Barru, Kab Maros, Kecamatan Padang seluas 20 hektar.

Ia mengembangkan yang dibangun untuk menyiasati anak-anak yang ikut dalam pembinaan keterampilan dari pada mengganggu orang tua.

Sejak tahun 1998, Nawawi sudah bergerak di lingkungan. Lalu empat tahun terakhir baru bisa fokus dalam bidang pemberdayaan ekonominya. Kegiatannya ini melibatkan 500 orang yang mau berubah dalam hal perekonomian.

Kegiatan Nawawi berawal dari kelompok mahasiswa di Unhas. Karena pengalamannya, ia sering diundang melakukan pembinaan meski tanpa dibayar. Ia pernah kerja kontrak dalam program penanggulangan kemiskinan di perkotaan.

Inti dari semua usaha Nawawi adalah ingin memaksimalkan waktu luang para istri yang tidak ada kerjaan, melatih mulai dari hulu sampai hilir, mencari bahan, mengolah, dan memasarkan. Ia mencoba pendampingan secara pengetahuan, bukan membuat mereka menjadi malas.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5143 seconds (0.1#10.140)