Moeldoko: Lubang Biopori Terobosan Penangkal Global Warming

Rabu, 24 September 2014 - 16:02 WIB
Moeldoko: Lubang Biopori Terobosan Penangkal Global Warming
Moeldoko: Lubang Biopori Terobosan Penangkal Global Warming
A A A
JAKARTA - Gerakan pembuatan lubang resapan biopori yang diinisiasi TNI salah satu upaya dalam menyikapi isu global warming yang tengah berkembang.

Menurut Panglima TNI Jenderal Moeldoko, banyak orang telah paham isu-isu seputar global warming, water security, food security. Namun, tidak banyak yang berbuat sesuatu untuk mengantisipasi isu global tersebut.

"Untuk itu TNI beserta berbagai komponen rakyat membuat terobosan untuk mengantisipasi isu-isu global tersebut. Salah satunya dengan gerakan pembuatan lubang biopori," kata Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/9/2014).

Selain itu, kata Moeldoko, gerakan pembuatan berjuta lubang biopori ini senada dengan program pemerintah yang mencanangkan penanaman satu miliar pohon. Tujuannya guna mengembalikan kondisi lingkungan di Indonesia agar kembali hijau dan menjadi paru-paru dunia.

Jenderal bintang empat itu juga menyampaikan tekadnya mengajak masyarakat untuk menjadikan pembuatan lubang biopori sebagai gerakan nasional dan berkesinambungan.

Karena, lanjut Moeldoko, dengan satu lobang biopori akan memberikan harapan baru untuk kelestarian lingkungan dan kesejahteraan umat manusia di muka bumi.

"Sebagian besar dari kita punya semangat besar dalam reboisasi. Sekarang siapa yang memikirkan biopori. Apa yang kita lakukan memiliki nilai strategis karena berkesinambungan," tegas Moeldoko.

Seperti diketahui, hingga hari ini, TNI telah membuat 10.300.000 lubang resapan biopori di seluruh Indonesia. Tidak hanya di markas-markas kesatuan TNI, namun gerakan ini juga dilakukan di wilayah-wilayah binaan TNI dan masyarakat.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2772 seconds (0.1#10.140)