Kriteria Ajudan Presiden Versi TNI

Rabu, 17 September 2014 - 18:55 WIB
Kriteria Ajudan Presiden Versi TNI
Kriteria Ajudan Presiden Versi TNI
A A A
JAKARTA - Kapuspen Mabes TNI Mayjen M Fuad Basya mengatakan, TNI punya beberapa kriteria anggota menjadi ajudan presiden.

"Yang jelas kriterianya ada tiga," kata Mayjen M Fuad Basya di Pusat Penerangan Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/9/2014).

"Yaitu cakap secara intelektual, kepribadian baik, dan intelektual yang unggul. Ketiganya harus lengkap. Sehingga dia bisa mengikuti irama presiden," imbuhnya.

Diakui Fuad Basya, jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019, TNI telah menyodorkan 32 nama kepada Joko Widodo (Jokowi).

Nama-nama tersebut selanjutnya akan diseleksi untuk menjadi ajudan Jokowi dan istri yang akan segera menjadi ibu negara.

Terkait nasib ajudan dari unsur sipil yang dihendaki Jokowi, TNI menyatakan siap menyediakan bila calon orang nomor satu di Indonesia itu meminta.

"Saya kira itu tergantung beliau, kalau beliau memang minta dari sipil yang jelas kita TNI siapkan," ungkapnya.

Jika ke depan Jokowi meminta ajudan dari unsur sipil, kata Fuad, secara keseluruhan, presiden terpilih yang juga mantan Wali Kota Solo itu memiliki lima orang ajudan.

"Ada Angkatan Darat, Laut, Udara, Polri, ada sipil, kalau beliau minta sipil. Kalau presiden butuh masa kita larang. Tapi yang penting TNI punya kewajiban menyiapkan," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5929 seconds (0.1#10.140)