Ahok Siapkan Surat Mundur dari Gerindra

Rabu, 10 September 2014 - 10:38 WIB
Ahok Siapkan Surat Mundur dari Gerindra
Ahok Siapkan Surat Mundur dari Gerindra
A A A
JAKARTA - Ancaman Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk keluar dari partai tidak sekadar gertak sambal.

Pada hari ini, Ahok akan menyerahkan surat pengunduran diri ke DPP Partai Gerindra.

"Hari ini saya siapkan suratnya. Saya akan kirim ke DPP, menyatakan untuk keluar dari Partai Gerindra," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Mantan politikus Partai Golkar ini mengaku bukan kader baik Partai Gerindra. Sebab dirinya tidak patuh dengan kebijakan partai yang menginginkan pilkada melalui DPRD.

"Kalau sudah begitu, saya tidak mampu jadi anggota partai yang baik. Secara AD-ART, anggota partai yang baik harus menuruti apapun keputusan partai," ujar mantan anggota Komisi II DPR ini.

Jika pengunduran dirinya diterima oleh partai, Ahok menegaskan akan fokus mengurus Jakarta sampai akhir masa jabatan.

"Saya enggak akan pindah partai. Saya mau dalam tiga tahun ini urus Jakarta lagi. Pada tahun 2017 saya enggak mungkin jadi gubernur. Karena nanti sistemnya dari DPRD itu sudah bagi-bagi kursi," ujarnya.

Keputusan tersebut diambil Ahok karena menolak sikap Gerindra terkait pembahasan RUU Pilkada di DPR. Partai yang mengusungnya di Pilgub DKI Jakarta 2012 lalu itu memilih opsi pilkada dilaksanakan melalui DPRD.

Sikap Ahok mengundang reaksi Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. "Saya kira Ahok jangan ancam-ancam gitu lah," ujarnya Selasa 9 September 2014.

Menurut dia, keputusan tersebut juga sudah melalui rangkaian kajian dan perhitungan. Bahkan,Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto telah mengatakan hal ini kepada kader dalam banyak kesempatan.

"Itu program yang disampaikan Pak Prabowo dimana penyederhanaan itu lewat perwakilan DPRD," ujar Muzani.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7345 seconds (0.1#10.140)