Menteri Jokowi Jangan Malu Pakai Mobil bekas Kabinet SBY

Rabu, 10 September 2014 - 08:12 WIB
Menteri Jokowi Jangan Malu Pakai Mobil bekas Kabinet SBY
Menteri Jokowi Jangan Malu Pakai Mobil bekas Kabinet SBY
A A A
JAKARTA - Para menteri kabinet Jokowi dinilai tak perlu malu menggunakan mobil dinas yang sederhana. Apalagi, menggunakan mobil dinas bekas menteri kabinet Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kalau aku menterinya, enggak terganggu dan enggak masalah pakai mobil bekas. Kenapa mesti malu pakai mobil bekas. Yang penting fungsional," ujar Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari ketika dihubungi Sindonews, Rabu (10/9/2014).

Anggota Komisi III DPR ini menilai, aneh jika para menteri nantinya hidup bermewah-mewahan sementara Presiden terpilih Jokowi hidup dengan kesederhanaan. Menurutnya, para pejabat di pemerintahan Jokowi harus belajar dari pejabat di India dan Malaysia.

"Ya aneh aja kalau presiden bersahaja, lalu menterinya mewah-mewah. Ikuti India dan Malaysia, pemimpinnya pakai mobil sederhana produksi sendiri dan bahkan bajunya katun asli India. Saatnya value baru, yaitu kinerja," tandasnya.

Sebelumnya, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyatakan pagu anggaran yang dialokasikan Sekretariat Negara (Setneg) untuk pengadaan mobil bagi menteri dan pejabat negara lainnya sebesar Rp104,4 miliar.

Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra Ucok Sky Khadafi mengungkapkan, para menteri Jokowi-JK akan memiliki tunggangan cukup mewah. Berdasarkan pengumuman nomor: Peng-03/PPBJ-PKMPSM/08/2014 tentang pemenang pelelangan umum pekerjaan pengadaan kendaraan menteri/pejabat setingkat menteri, kendaraan mantan presiden dan wakil presiden.

Dalam pengumuman itu disebutkan, pagu anggaran untuk pengadaan mobil tersebut sebesar Rp104,4 miliar dengan harga perkiraan sendiri senilai Rp101,1 miliar.

Pemenang lelang pengadaan mobil ini, sambung Ucok, adalah PT Mercedes-Benz Indonesia dengan nama presiden direkturnya Dr Claus Herbert Weidner. Harga total penawaran mobil ini sebesar Rp91.944.000.000.

"Mobil mana yang akan dipergunakan oleh para menterinya Jokowi ini? Perkiraan saya, mobil Mercedes-Benz yang akan digunakan menterinya Jokowi adalah harga mobil di atas Toyota Royal Saloon," ujar Ucok, Selasa (9/9/2014).

Adapun menteri kabinet SBY menggunakan Toyota Crown Royal Saloon tipe G. Saat itu, harga satu unit mobil berada dikisaran Rp1,2 miliar sampai dengan Rp1,3 miliar.

"Mobil yang akan dibeli itu di atas Toyota Crown Royal Saloon, yang kemungkinannya adalah mobil Mercedes-Benz tipe S 300 L dengan banderol sebesar Rp1,8 miliar," tuturnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0380 seconds (0.1#10.140)