Jero Sederhana, KPK Perlu Telusuri Aset Kroni

Kamis, 04 September 2014 - 16:01 WIB
Jero Sederhana, KPK Perlu Telusuri Aset Kroni
Jero Sederhana, KPK Perlu Telusuri Aset Kroni
A A A
DENPASAR - Bali Corruption Watch (BCW) mengamati Menteri ESDM Jero Wacik tergolong sederhana hidupnya di Bali. Sehingga, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus menelusuri kemungkinan aliran uang ke kroni atau keluarganya.

Ketua BCW Putu Wirata Dwikora mengaku terkejut dengan kasus yang membelit tokoh asal Bali yang duduk di kabinet bahkan kini lolos ke DPR.

"Sebagai warga Bali kami kaget, sebab selama ini beliau cukup sederhana. Tidak terlihat mencolok kehidupannya sebagai seorang pejabat negara," ujar Dwikora kepada wartawan di Denpasar, Bali, Kamis (4/9/2014).

Ketika Jero ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, publik Bali diakuinya cukup terkejut dan kecewa. Bagaimana mungkin tokoh yang sederhana dan lurus disangka melakukan korupsi bahkan pemerasan serta menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya.

Kendati demikian, ia menilai KPK tidak gegabah menetapkan seorang menjadi tersangka tanpa bukti yang kuat. Terlepas asas praduga tak bersalah kepada Jero, mestinya sebagai tokoh Bali bisa menjaga kepercayaan termasuk yang telah memilihnya sebagai anggota DPR lewat Partai Demokrat.

Dalam catatan BCW, aset Jero tidak mencolok atau berlebihan. Misalnya rumah tuanya di Kintamani Kabupaten Bangli, yang merupakan milik keluarga besar alumni ITB itu, sangat sederhana dan tidak mengesankan kemewahan.

Meski demikian, kata Dwikora, publik juga tidak boleh terkecoh dengan kesederhanaan Jero dan tetap objektif dalam memberikan penilaian tidak tertipu pada hal yang nampak. Bukan tidak mungkin, selama dua tahun menjabat telah memperkaya keluarga atau orang lain.

"Kita lihat sajalah nanti KPK yang bisa membuktikannya," tutup mantan jurnalis itu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5099 seconds (0.1#10.140)