Putusan MK Diharapkan Sesuai Penilaian Masyarakat

Selasa, 19 Agustus 2014 - 05:32 WIB
Putusan MK Diharapkan...
Putusan MK Diharapkan Sesuai Penilaian Masyarakat
A A A
JAKARTA - Amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada perkara sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, diharapkan sesuai dengan penilaian masyarakat.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan, momentum sengketa hasil pilpres, sangat strategis dalam meneguhkan kembali kepercayaan masyarakat pada MK.

Pasalnya, lanjut dia, setelah tertangkap dan diiringi dengan terungkapnya sejumlah kasus sengketa pemilukada yang melibatkan Akil Mochtar, mantan Ketua MK, kepercayaan masyarakat pada lembaga itu luntur.

Dia menambahkan, apalagi setelah kasus itu disidangkan, masyarakat banyak yang kecewa melihat besarnya nilai korupsi yang diungkapkan.

"Karena disiarkan secara langsung, sidang sengketa pilpres kali ini akan menjadi pusat perhatian," kata dia kepada Sindonews dalam keterangan tertulisnya, Senin 18 Agustus 2014.

Puluhan juta penonton, lanjut dia, menyaksikan seluruh jalannya persidangan tersebut. "Diyakini, mereka pun sudah memiliki kesimpulan sendiri tentang siapa yang salah dan siapa yang benar," ucapnya.

Menurut dia, majelis hakim tentu menyadari hal itu. "Karena itu, keputusan mereka diharapkan sesuai dengan penilaian masyarakat. Kredibilitas MK sebagai lembaga pengawal konstitusi (the guardian of the constitution) menjadi taruhannya," ungkapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0733 seconds (0.1#10.140)