alexametrics

Kemenkes Siapkan Buku Cegah Ebola dan Mers CoV

loading...
Kemenkes Siapkan Buku Cegah Ebola dan Mers CoV
Kemenkes Siapkan Buku Cegah Ebola dan Mers CoV
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membuat buku petunjuk mengenai penyakit Middle East Respiratory Syndrom-Corona Virus (MERS-CoV)dan Viral Diseases (EVD) Ebola.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi mengatakan, buku itu akan dibagikan kepada calon jamaah haji.

Dalam buku itu akan dijelaskan berbagai hal tentang MERS CoV dan Ebola, cara penularannya, serta langkah antisipasi penularan penyakit tersebut.



Menurut Nafsiah, Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan hasil pemeriksaan laboratorium warganya yang diduga terserang ebola yang kemudian meninggal, usai berkunjung ke Afrika Barat.

Hasil laboratorium menunjukkan pasien negatif terinfeksi penyakit ebola tersebut. kendati demikian, pemerintah Saudi tetap memberlakukan penyetopan visa bagi negara-negara endemik ebola, seperti Guinea, Liberia, Nigeria, dan Siera Leone.

“Meski untuk kasus ebola di Saudi sebelumnya telah dinyatakan negatif, kita tetap perlu waspada,” kata Nafsiah ditemui di Jakarta, Kamis 14 Agustus 2014.

Kendati ada ancaman dua virus tersebut, Kemenkes tidak akan menambah petugas kesehatan haji. Para petugas kesehatan haji yang ada akan mendapat sosialisasi dan bimbingan khusus terkait MERS CoV dan ebola intensif pada minggu ini.

"Akan dilakukan sosialisasi minggu ini pada petugas kesehatan haji serta mereka yang akan berangkat haji dan umrah,” tutur Nafsiah,

Pada tahun 1435H/2014, sebanyak 168 ribu orang jamaah yang terbagi dalam 375 kloter akan berangkat menjalankan ibadah haji.

Kloter gelombang pertama rencananya, akan diberangakatkan pada 1-14 September 2014 nanti. Sementara kloter gelombang kedua akan menyusul pada tanggal 15-28 September 2014.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top