Saksi Prabowo-Hatta Minta Perlindungan LPSK

Selasa, 12 Agustus 2014 - 20:26 WIB
Saksi Prabowo-Hatta Minta Perlindungan LPSK
Saksi Prabowo-Hatta Minta Perlindungan LPSK
A A A
JAKARTA - Karena merasa terancam setelah memberikan keterangan di persidangan Mahkamah Konstitusi (MK), saksi dari tim Prabowo-Hatta meminta perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Kemudian tim advokat pun telah mengirimkan surat permohonan tersebut kepada LPSK.

"Kami telah mengirimkan surat permohonan kepada LPSK untuk segera melakukan tindakan-tindakan pengamanan saksi," ujar Advokat dari Tim Pembela Merah Putih (TPMP), Firman Wijaya kepada wartawan, dalam konferensi pers yang digelar di Rumah Makan Pa'Son di Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Firman mengatakan, saksi-saksi tersebut memiliki peranan penting yakni, menguak tabir kejahatan pemilu. Sehingga, hal ini tentunya sangat berisiko bagi keamanan para saksi tersebut, khususnya perlindungan dari pihak-pihak yang dalam kesaksian telah mengintimidasi dan menekan saksi.

"Dengan kesaksian yang berisiko semacam ini, negara harus melakukan perlindungan," jelas Firman.

Firman menjelaskan, posisi saksi pun sangat penting, selain sebagai whistle blower, keterangan dari para saksi pun bisa menentukan dan menguatkan indikasi kejahatan pemilu yang menjadi alasan dari gugatan Prabowo-Hatta ke MK.

"Mereka bersedia bersaksi, tapi mereka juga meminta jaminan keselamatan mereka selama di Jakarta, dan juga ketika mereka kembali lagi," jelasnya.

Menurut Firman, para saksi tersebut sudah merasa tertekan pada tingkat psikologis. Terutama, setelah mereka memberikan kesaksian yang menyatakan bahwa ada keterlibatan aparat kepolisian dalam penyelenggaraan pemilu di Papua.

"Meski mencontohkan saksi yang berasal dari Papua, tapi semua saksi yang ada harus dapat jaminan perlindungan," terangnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, sudah waktunya agar LPSK terlibat, guna memberikan jaminan keamanan dan perlindungan dari para saksi yang merasa terancam.

Karena, pada saat menyebutkan oknum aparat kepolisian dalam persidangan pun, ekspresi mereka sudah menunjukkan ketakutan. "Fungsi LPSK sudah harus terlibat. Karena hanya orang seperti ini hanya ingin mengungkap kebenaran," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6058 seconds (0.1#10.140)