KPU: Sikap Prabowo Sudah Tepat

Rabu, 23 Juli 2014 - 16:24 WIB
KPU: Sikap Prabowo Sudah Tepat
KPU: Sikap Prabowo Sudah Tepat
A A A
JAKARTA - Rencana kubu pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang akan melakukan gugatan hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 ke Mahkamah Kontitusi (MK) dinilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah tepat.

Komisioner KPU Ida Budhiati mengatakan, dalam sengketa hasil pemilu yang diduga melibatkan penyelenggara pemilu dan peserta pemilu telah disediakan perangkat hukum dan lembaga hukum yang mengaturnya.

Menurutnya, bagi peserta pemilu yang tidak puas dengan hasil pemilu bisa mengajukan ke lembaga MK, atau Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Namun katanya, dalam sejarah pilpres sengketa pemilu belum pernah diputuskan di PTUN.

"Keadilan pemilu itu memberikan ruang kepada peserta pemilu untuk menyampaikan komplain kepada penyelenggara pemilu," kata Ida, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (23/7/2014)

Dia menambahkan, terkait rencana kubu Prabowo-Hatta yang akan melakukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK, KPU mengaku siap sebagai calon pihak tergugat. Bahkan, pihaknya tengah menyiapkan perangkat litigasi hukumnya.

"Pasti lah (menyiapkan pengacara). Nanti pada saatnya kami sampaikan," tambah Ida.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6236 seconds (0.1#10.140)