Manuver Prabowo Tak Pengaruhi Gejolak di Masyarakat

Rabu, 23 Juli 2014 - 12:47 WIB
Manuver Prabowo Tak...
Manuver Prabowo Tak Pengaruhi Gejolak di Masyarakat
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto menolak hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan menarik diri dari proses rekapitulasi suara nasional yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa 22 Juli 2014.

Mengenai hal itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto mengatakan, sikap Prabowo tersebut tidak berpengaruh terhadap gejolak di masyarakat. Sebab, hingga saat ini, dirinya mengaku tidak menerima laporan apapun mengenai gangguan keamanan.

"Buktinya sampai sekarang saya tidak menerima laporan apapun ya tentang kejadian-kejadian sangat menonjol. Tidak ada. Berarti memang tidak ada pengaruhnya terhadap gejolak di masyarakat," ujar Djoko Suyanto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Kendati demikian, dia kembali mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak mudah dihasut untuk melakukan perbuatan melanggar hukum. "Ikuti saja proses ini dengan baik, apalagi sebentar lagi Lebaran," katanya.

Sekadar diketahui, Prabowo-Hatta menyatakan menolak hasil pilpres karena menilai cacat hukum. Menurut Prabowo, pihaknya menemukan banyak kecurangan pada pelaksanaan pilpres.

"Telah terjadi kecurangan yang masif, struktur dan sistematis," kata Prabowo di Rumah Polonia, Cipinang Cempedak, Jakarta, Selasa 22 Juli.

Dia pun menegaskan, pihaknya menarik diri proses rekapitulasi suara oleh KPU. Dia menegaskan tidak rela mengorbankan mandat yang diberikan rakyat diselewengkan.

"Kami siap menang dan kalah dengan cara demokratis dan terhormat. Kepada rakyat Indonesia yang memilih kami, kami minta tenang. Yakinlah kami tidak akan diam dan membiarkan hak demokrasi kita diciderai dan dirampas," tutur Prabowo.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2627 seconds (0.1#10.140)