Sifat Kepemimpinan Prabowo-Hatta Lebih Dipilih Masyarakat

Kamis, 03 Juli 2014 - 22:27 WIB
Sifat Kepemimpinan Prabowo-Hatta Lebih Dipilih Masyarakat
Sifat Kepemimpinan Prabowo-Hatta Lebih Dipilih Masyarakat
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Pusat Data Bersatu (PDB) selain merilis elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla, juga merilis soal sifat kepemimpinan yang diharapkan masyarakat.

Dari pilihan masyarakat yang diambil sifat pribadi kedua pasangan, duet Prabowo-Hatta menjadi pasangan yang paling diharapkan masyarakat. Harapan itu berdasar pada sifat beberapa kriteria.

Survei PDB menyuguhkan sifat kedua pasangan tersebut. Antara lain, sifat jujur, pandai, berwibawa, tegas, berpihak pada rakyat, bersih dari KKN, taat beragama. Dari tujuh sifat yang disuguhkan, lima di antaranya disapu bersih pasangan Prabowo-Hatta.

"Pasangan Jokowi-JK hanya unggul sifat yang disebut berpihak pada rakyat (9%) dan bersih dari KKN (2,2%)," kata Senior Research of PDB Agus Herta S di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Sementara pasangan Prabowo-Hatta unggul di sifat jujur (15,9%) Jokowi-JK (14,8%), pandai Prabowo-Hatta (0,5%) Jokowi-JK (0,4%), berwibawa Prabowo-Hatta (3,1%) Jokowi-JK (0,8%), tegas Prabowo-Hatta (10,4%) Jokowi-JK (1,8%), taat beragama Prabowo-Hatta (2,0%) Jokowi-JK (1,1%).

Dan ditambah sifat lainnya Prabowo-Hatta (0,8%) Jokowi-JK (1,3%), serta tidak tahu Prabowo-Hatta (0,2%) Jokowi-JK keterangan kosong.

Survei PDB sendiri mulai melakukan proses pengumpulan data dari 23 Juni sampai dengan 1 Juli 2014. Survei dilakukan dengan metode tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner terstruktur (struktured interview) dan mengambil responden sebanyak 1.090 responden di 20 Provinsi di Indonesia.

Survei itu sendiri memiliki tingkat kepercayaan mencapai 97 persen dengan margin of error sebesar kurang lebih 3%.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7128 seconds (0.1#10.140)