2 Capres Diminta Perhatikan Masalah Urbanisasi

Selasa, 24 Juni 2014 - 01:14 WIB
2 Capres Diminta Perhatikan Masalah Urbanisasi
2 Capres Diminta Perhatikan Masalah Urbanisasi
A A A
JAKARTA - Permasalahan urbanisasi luput dari perhatian dan diskusi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap dua calon presiden (capres) 2014 Parbowo Subianto dan Joko Widodo.

"Yang ada di platform kandidat tidak ada di sana, ada beberapa trend demografi dan perumbuhan middle class, sudah banyak diskusikan, urbansiasi benar-benar enggak dilihat," kata Executive Director Kemitraan Partnership Wicaksono Sarosa di Mandarin Hotel Jakarta, Senin 23 Juni2014.

Menurut Wicaksono, urbanisasi seharusnya menjadi bagian dari kebijakan yang akan dicanangkan dua capres tersebut. Karena, jika mereka tidak mencanangkan kebijakan yang tepat, justru akan menciptakan miss communication dan itu tidak berhasil. Tapi, masalah urbanisasi itu luput dari perhatian mereka.

"Ini pertumbuhan yang tidak terpenuhi, di daerah lain enggak punya infrastruktur, bahwa isu urbanisasi itu terabaikan oleh politik," imbuhnya..

Jika masalah urbanisasi ini terabaikan, sambung Wicaksono, maka kondisi ekonomi Indonesia juga akan terpengaruh. Pasalnya, jika suatu daerah terlalu penuh, investor tidak berminat untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut.

"Kalau gagal memanfaatkan atau kalau sudah macet, ekonomi kehilangan banyak. Investment, karena Jakarta crowded," tukas Wicaksono.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9631 seconds (0.1#10.140)