Capres Jokowi Tak Paham Isu Internasional

Senin, 23 Juni 2014 - 05:57 WIB
Capres Jokowi Tak Paham Isu Internasional
Capres Jokowi Tak Paham Isu Internasional
A A A
JAKARTA - Rangkaian debat capres-cawapres III telah digelar, masing-masing capres telah memaparkan visi, misi, dan programnya mengenai "Politik Internasional, dan Ketahanan Nasional". Tapi nampaknya, capres Jokowi tidak memahami isu internasional.

Penyebabnya, ketika ditanya soal peran Indonesia dalam konflik Laut China Selatan oleh Prabowo, Jokowi mengatakan, konflik tersebut merupakan urusan China dengan negara lain, dan tidak ada sangkut paut apapun dengan negara Indonesia.

"Harus dicek apakah kita masuk ke dalam konflik apakah kita akan berhubungan dengan tidak baik dengan China," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kalau tidak ada hubungannya, maka Indonesia tidak usaah terlibat dalam konflik terasebut karena, dapat memicu konflik antara Indonesia dengan negara lain yang sedang berkonflik. Karena, kepentingan nasional harus dinomor satu-kan

"Kalau engga-engga usah ikut-ikutan. Meski kita selalu ingin berperan dalam menyelesaikan maasalah-masaalah yang ada," ujarnya.

Kemudian, Prabowo membantah hal itu, karena, konflik Laut China Selatan juga bersinggungan dengan kepentingan Indonesia dimana, sebagian wilayah maritim Indonesia telah diklaim oleh negara lain.

"Masalahnya bahwa sebagian wilayah maritim kita diklaim oleh negara lain," tegas Prabowo. Namun, Jokowi pun masih tetap bersikukuh pada jawabannya tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7851 seconds (0.1#10.140)