Ketimpangan Ekonomi Jadi Ancaman Ketahanan Nasional

Kamis, 19 Juni 2014 - 09:04 WIB
Ketimpangan Ekonomi Jadi Ancaman Ketahanan Nasional
Ketimpangan Ekonomi Jadi Ancaman Ketahanan Nasional
A A A
JAKARTA - Isu ketahanan nasional dikaitkan dengan ancaman disintegrasi karena ketimpangan ekonomi dinilai layak diangkat dalam debat capres sesi tiga dengan tema ketahanan nasional dan politik internasional.

"Juga soal kejahatan terorganisir antar negara, terorisme, soal penguatan TNI-Polri," ujar Pengamat Politik dari Universitas Sumatera Utara (USU), Ahmad Taufan Damanik ketika dihubungi Sindonews, Kamis (19/6/2014).

Menurutnya, perubahan strategi pembangunan dengan memadukan pendekatan desentralisasi dengan pendekatan integrasi nasional. Sebab, jika hal itu tidak serius diperhatikan bisa menjadi ancaman ketahanan nasional.

"Ini serius sekali, makanya daerah sangat kuat menuntut desentralisasi fiskal lebih besar, salah satunya dengan jalan pemekaran. Itu sebabnya ide Jokowi soal politik anggaran sangat tak masuk akal. Juga bertentangan dengan prinsip otonomi," tandasnya.

Sebelumnya, KPU telah menunjuk Guru Besar Fakultas Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana sebagai moderator pada acara Debat Ketiga sesi ketiga ini.

KPU pun telah menunjuk tim ahli yang akan menyusun daftar pertanyaan untuk calon presiden pada acara debat capres sesi ketiga di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 22 Juni mendatang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4908 seconds (0.1#10.140)