Hasil Penelitian LSN Elektabilitas Prabowo-Hatta Salip Jokowi-JK

Kamis, 12 Juni 2014 - 13:43 WIB
Hasil Penelitian LSN  Elektabilitas Prabowo-Hatta Salip Jokowi-JK
Hasil Penelitian LSN Elektabilitas Prabowo-Hatta Salip Jokowi-JK
A A A
JAKARTA - Elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dari pasangan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Berdasarkan hasil penelitian Lembaga Survei Nasional (LSN) pasangan Prabowo-Hatta meraih 46,3 persen menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Sementara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya memperoleh 38,8 persen.

"Dan hanya 14,9 persen yang menyatakan belum punya pilihan," ujar peneliti utama LSN, Dipa Pradipta dalam pemaparan hasil surveinya di Hotel Le Meredien, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Menurutnya dengan hasil itu membuktikan bahwa elektabilitas pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama mitra koalisinya mulai tersendat. Dia menyebutkan salah satu faktor yang membuat pasangan nomor urut 1 itu unggul adalah sosok pemimpin ini dianggap masyarakat memiliki sikap tegas.

"Dibandingkan dengan masa sebelum Pileg 2014, tingkat keterpilihan Jokowi cenderung mandek. Pasangan Prabowo-Hatta justru memperlihatkan perfomance yang semakin membaik," jelasnya.

Survei ini dilaksanakan pada tanggal 1-8 Juni 2014 dengan menggunakan 1.070 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara rambang berjenjang (multistage random sampling) dengan margin of error sebesar 3,0 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4292 seconds (0.1#10.140)