Mahfud MD Tegaskan Lirboyo Istiqomah Dukung Prabowo-Hatta

Selasa, 10 Juni 2014 - 14:35 WIB
Mahfud MD Tegaskan Lirboyo Istiqomah Dukung Prabowo-Hatta
Mahfud MD Tegaskan Lirboyo Istiqomah Dukung Prabowo-Hatta
A A A
KEDIRI - Ketua Tim Pemenangan Pasangan Capres Cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Mahfud MD berziarah ke makam pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri KH Idris Marzuqi.

Selain berdoa, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga meluruskan isu terkait pencabutan dukungan Ponpes Lirboyo terhadap pasangan Prabowo-Hatta. "Tidak ada itu pencabutan (dukungan)," ujar Mahfud kepada wartawan Selasa, di Kediri, Jawa Timur, Selasa (10/6/2014).

Isu pencabutan tausiyah dukungan Lirboyo kepada Prabowo-Hatta merebak cepat di lingkungan ponpes. Bahwa, para kiai pengasuh ponpes (Lirboyo) sepakat menanggalkan sikap dukung-mendukung pasangan capres-cawapres 2014, dan memilih netral.

Apalagi sebelum tutup usia Senin 9 Juni 2014, Mbah Idris berwasiat seluruh kiai NU dan warga pesantren hendaknya bersatu. Kiai kharismatik itu tidak ingin para kiai nahdliyin terpecah belah dalam menghadapi tahun politik 2014 ini.

Sementara sebelumnya, Ponpes Lirboyo telah menyediakan diri sebagai fasilitator pertemuan forum kiai Pantura dan Matraman. Hasil forum memutuskan, kurang lebih 13 orang kiai menyatakan sikap siap memenangkan pasangan Prabowo-Hatta.

Secara internal Ponpes Lirboyo juga mengeluarkan tausiyah yang ditujukan kepada seluruh alumni santri untuk memilih Prabowo-Hatta. "Tausiyah beberapa waktu lalu itu keputusan kiai dan pengasuh ponpes. Artinya tausiyah tersebut keputusan institusi Lirboyo," jelas Mahfud.

Mahfud tidak datang seorang diri. Tokoh hukum yang berlatar aktivis HMI itu ditemani Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Untuk sampai di rumah duka, rombongan ini menaiki satu unit helikopter. Rombongan diterima istri mendiang Mbah Idris, yakni Hj Nyai Adiniya dan KH Kafabihi Mahrus selaku pengasuh Ponpes Lirboyo yang juga kerabat dekat.

Mahfud menambahkan, dengan berpulangnya Mbah Idris, Lirboyo tidak perlu membuat kesepakatan baru. Sebab, selain penandatangan tausiyah tidak hanya Mbah Idris, tapi juga pengasuh lain, yakni KH Anwar Masyur dan KH Kafabihi Mahrus, tausiyah pemenangan Prabowo-Hatta telah menjadi warisan seluruh pengurus ponpes.

"Karena amanat tausiyah sudah diwariskan kepada pengurus pengasuh Ponpes Lirboyo," pungkasnya.

Sementara seperti diketahui, proses pengebumian jenazah Mbah Idris di tempat pemakaman keluarga komplek Ponpes Lirboyo Senin malam 9 Juni 2014 disaksikan ribuan santri.

Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Azis Mansyur yang juga pengasuh Ponpes Paculgowang Jombang memimpin pemakaman. Dalam sambutanya, Kiai Azis mengatakan Mbah Idris manusia yang baik. Kiai Azis mengenal Mbah Idris sejak kecil. Saat keduanya masih sama sama menjadi santri dari satu ponpes ke ponpes lain.

"Kiai Idris orang yang baik. Teman saya sejak kecil di pondok. Hidup bersama, ngliwet (masak) bersama. Saya punya banyak memiliki kenangan foto denganya," ujar Kiai Azis.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7626 seconds (0.1#10.140)