Tes CPNS Dimulai Juli

Selasa, 10 Juni 2014 - 03:59 WIB
Tes CPNS Dimulai Juli
Tes CPNS Dimulai Juli
A A A
JAKARTA - Panitia seleksi nasional (panselnas) calon pegawai negeri sipil (CPNS) akhirnya memutuskan, mulai Juli nanti tes CPNS akan digelar. Tes akan dimulai di instansi pusat dulu dan berlanjut ke daerah pada Agustus.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemen PANRB Herman Suryatman menjelaskan, memang panitia seleksi nasional (panselnas) akan menuntaskan pembentukan formasi di masing-masing kementerian dan lembaga pada Juni ini.

Selanjutnya, pengumuman pengadaan CPNS 2014 di masing-masing instansi akan dimulai pada minggu pertama dan kedua Juli. Sedangkan pendaftaran secara online akan dimulai pada minggu ketiga dan keempat Juli.

“Seleksi atau tes di instansi pusat akan dimulai akhir Juli. Sedangkan di instansi daerah mulai pada Agustus,” ungkap Herman kepada KORAN SINDO, Senin 9 Juni 2014.

Herman menambahkan, seleksi bertahap di pusat dan daerah ini terkait dengan kesiapan insfastruktur computer assisted test (CAT). Harapan pemerintah memang instansi pusat dan daerah akan menggunakan system CAT pada tes nanti.

Namun dia mengakui, masih ada instansi di daerah yang belum siap. Menurut dia, panselnas akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk bisa menggunakan komputer yang ada di lab sekolah untuk dijadikan lokasi tes.

Sedangkan mengenai formasi lima persen untuk semua jurusan, Herman menyatakan, semua mahasiswa dari semua kampus baik negeri dan swasta dan jurusan akan mendapatkan hak yang sama di penerimaan CPNS ini.

Dia membantah, jika kuota lima persen ini hanya ditujukan bagi perguruan tinggi negeri ternama saja. Pasalnya, penentuan mereka diterima atau tidak ialah berdasar nilai ujian dan juga kelengkapan dokumen yang diperlukan. “Yang penting lintas ilmu tahun ini ikut seleksi. Namun yang lolos kualifikasi saja yang kami terima,” ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3039 seconds (0.1#10.140)