Format Debat Capres-Cawapres Berubah

Jum'at, 06 Juni 2014 - 18:08 WIB
Format Debat Capres-Cawapres Berubah
Format Debat Capres-Cawapres Berubah
A A A
JAKARTA - Masyarakat bakal menemui sajian debat capres dan cawapres kurang memuaskan di televisi, jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghapus posisi panelis seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, jika panelis ditiadakan, maka posisi panelis digantikan langsung oleh seorang atau lebih moderator.

"Ya pasangan nanti moderator yang ini memberikan pertanyaan dan menengahi begitu," ujar Ferry di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (6/6/2014).

Selain dimungkinkan menghapus panelis, KPU juga akan mengubah komposisi debat capres-cawapres. Menurut Ferry, jika formasi sebelumnya debat capres dan cawapres dilakukan sebanyak lima kali.

Yakni dua kali capres, dua kali cawapres dan satu kali pasangan capres dan cawapres. Maka di formasi baru, KPU membuat debat menjadi capres dua kali, cawapres satu kali, dan pasangan capres-cawapres dua kali. "Yang formasi peserta debatnya berubah karena kesepakatan dari dua pasangan calon, itu saja," ungkapnya.

Karena mengalami perubahan model debat capres dan cawapres, maka KPU meminta kepada pihak stasiun televisi yang sudah mengajukan agenda debat, agar melakukan sosialisasi dan memersiapkan format acara.

"Formasinya seperti itu jadi pembukanya pasangan, penutupnya pasangan capresnya dua kali, cawapresnya satu kali," tutur Ferry.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4724 seconds (0.1#10.140)