Ini Desain Surat Suara Pilpres

Kamis, 05 Juni 2014 - 17:45 WIB
Ini Desain Surat Suara Pilpres
Ini Desain Surat Suara Pilpres
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan desain surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli nanti.

Desain itu sudah mendapat persetujuan dari masing-masing tim pasangan calon. Baik foto maupun ornamen warna lainnya. “Ini (desain) atas data yang mereka sampaikan kepada kami, terutama foto dan nama pasangan calon,” ujar Komisioner KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Dia menjelaskan, KPU menambahkan ruang cek box pada surat suara luar negeri. Hal tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi para pemilih di luar negeri yang diberikan keleluasan untuk menggunakan proses pemilihan baik di tempat pemungutan suara (TPS), melalui drop box atau melalui pos.

“Untuk memudahkan saja, jadi kelihatan mana yang menggunakan TPS, drop box atau pos,” ujar Arief.

Arief menjelaskan perbedaan lain adalah adanya tambahan warna abu-abu pada sampul surat suara. Nantinya baik surat suara dalam negeri maupun luar negeri akan dilipat sebanyak dua kali untuk memastikan hasil pencoblosan pemilih bisa aman dan tidak terlihat. “Jadi tidak mungkin akan tembus, intinya untuk menutup,” lanjutnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9616 seconds (0.1#10.140)