1.000 Advokat Galang Dukungan

Kamis, 05 Juni 2014 - 13:05 WIB
1.000 Advokat Galang Dukungan
1.000 Advokat Galang Dukungan
A A A
JAKARTA - Memasuki hari kedua masa kampanye Pemilu Presiden 2014, dukungan kepada calon presiden dan calon wakil presiden terus mengalir. Kali ini 1.000 advokat dari seluruh Indonesia menyatakan mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Juru bicara advokat pendukung Jokowi-JK Erick Paath mengatakan, deklarasi 1.000 advokat merupakan atas nama pribadi dan tidak membawa organisasi induk advokat yang telah ada.

Dia mengatakan, rekam jejak atau track record Jokowi selama menjabat Wali Kota Solo hingga Gubernur DKI Jakarta sangat bagus.

Erick mengatakan pihaknya telah menelusuri perkembangan kedua pasangan capres-cawapres dan akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Jokowi-JK. Hal yang membuatnya jatuh hati kepada pasangan nomor urut 2 karena keduanya sosok yang taat hukum.

"Jokowi dan JK bagi kami adalah sosok yang taat hukum. Hal itu misalnya terlihat saat Jokowi menghadiri panggilan Komnas HAM untuk dimintai keterangan terkait relokasi warga Waduk Pluit. Dia juga tegas mempertahankan anak buahnya yang dituntut mundur karena alasan berbeda agama," ujar Eric di Galery Cafe, TIM, Jakarta Pusat, Kamis (5/6/2014).

Erick optimistis, jika Jokowi-JK terpilih nanti, supremasi hukum di Indonesia dapat ditegakkan. Pihaknya menilai selama ini politik masih menjadi panglima.

"Supremasi dalam arti pemerintah tunduk di bawah hukum. Akses keadilan bagi rakyat miskin harus merata. Yang paling prinsip adalah hukum harus ditegakkan," ujar Erick.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penggalangan dana yang diinisiasi para advokat secara spontan. Saat itu berhasil dikumpulkan uang sebesar Rp11 juta, USD156, dan SGD2 .

Erick mengimbau kepada kalangan advokat untuk menyebarluaskan pesan dukungan kepada rekan-rekan lain seprofesi. "Kami akan sosialisasikan kepada rekan dan siapapun untuk memilih nomor 2," pungkas Erick.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)