Jadwal Debat Capres dan Cawapres

Rabu, 04 Juni 2014 - 14:07 WIB
Jadwal Debat Capres dan Cawapres
Jadwal Debat Capres dan Cawapres
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memulai debat visi dan misi dua calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada 8 Juni 2014 mendatang.

Untuk kegiatan debat tersebut, KPU telah menyiapkan tema debat, sekaligus media televisi mana saja yang akan menyiarkan secara langsung (live).

Mekanisme debat dilakukan sebanyak lima kali, yakni untuk capres dua kali, cawapres dua kali, dan capres-cawapres secara bersamaan satu kali. Dua pasang capres dan cawapres akan memaparkan visi-misi serta rencana program pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Selain memaparkan visi misi pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa (nomor urut satu), dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (nomor urut dua), keduanya akan mendapatkan pertanyaan dari para panelis yang terdiri dari pakar kebijakan dan pemerintahan yang ditunjuk KPU.

Meski telah dijadwalkan debat antara Prabowo-Hatta dengan Jokowi-JK, namun, informasi yang beredar, penentuan capres dan cawapres untuk disiarkan secara langsung di media televisi akan mengalami perubahan.

Berikut jadwal dan tema debat capres dan cawapres Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, antara lain SCTV, Indosiar, dan Berita Satu kebagian debat capres pada 8 Juni 2014 dengan tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih dan Kepastian Hukum.

Metro TV dan Bloomberg mendapat jatah debat cawapres pada 15 Juni 2014 dengan tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. TV One dan ANTV mendapatkan debat capres pada 22 Juni 2014 dengan tema Politik International dan Ketahanan Nasional.

RCTI, Global TV dan MNC TV kebagian debat cawapres pada 29 Juni 2014 dengan tema Pengembangan Sumber Daya Manusia dan IPTEK. Terakhir, TVRI dan Kompas TV mendapat jatah debat capres dan cawapres pada 5 Juli 2014 dengan tema Pangan, Energi dan Lingkungan.

Sementara hari ini Rabu (4/6/2014), KPU memulai tahapan kampanye terbuka nasional pilpres bagi capres dan cawapres. Kampanye capres dan cawapres akan mendapatkan jatah kampanye dari tanggal 4 Juni sampai 5 Juli 2014.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4920 seconds (0.1#10.140)