Nasib Para Capres-Cawapres Ditentukan Hasil Tes Medis

Jum'at, 23 Mei 2014 - 16:07 WIB
Nasib Para Capres-Cawapres Ditentukan Hasil Tes Medis
Nasib Para Capres-Cawapres Ditentukan Hasil Tes Medis
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin dua pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tetap lolos menjadi peserta Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang, jika memenuhi unsur ini.

"(Lolos) kalau dinyatakan memenuhi syarat berarti dia sehat jasmani rohani," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (23/5/2014).

Sejauh ini, lanjut Husni, pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait dua pasangan capres dan cawapres tersebut. Menurutnya, setelah dua pasangan selesai menjalani tes medis, tim dokter baru menyimpulkan.

Dia pun menyatakan, keputusan resmi tim dokter di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) yang bakal dijadikan rujukan utama untuk menetapkan pasangan tersebut layak atau tidak sebagai peserta pilpres.

"Tidak boleh ada perbedan antara hasil pemeriksaan dengan apa yang diumumkan oleh KPU," ungkapnya.

Diketahui, ada 14 tes medis yang akan diikuti pasangan bakal capres dan cawapres. Rangkaian pemeriksaan kesehatan meliputi beberapa unsur, yakni pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikis, serta pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Adapun pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomen, kardio, treadmill test, rontgen, tes dengan spirometer, audiometer, MRI, hingga CT scan. Sementara pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8104 seconds (0.1#10.140)