Jadi Anggota DPD, Oni SOS Diruwat

Kamis, 22 Mei 2014 - 17:24 WIB
Jadi Anggota DPD, Oni SOS Diruwat
Jadi Anggota DPD, Oni SOS Diruwat
A A A
BANDUNG - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih, Oni 'SOS' Suwarman, tampak memakai pakaian adat Sunda lengkap. Ia duduk di tengah-tengah halaman Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/5/2014).

Berbagai sesaji tampak di hadapan Oni yang duduk bersila. Itu dilakukan dalam rangka ruwatan terhadap Oni yang beberapa bulan lagi akan menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

Prosesi ruwatan itu dilakukan oleh para seniman asal Jawa Barat sebagai bentuk pelantikan pada Oni. Ruwatan itu juga memiliki makna dan simbol untuk dicermati Oni agar menjalankan tugas dengan baik.

"Kalau (pelantikan) yang formal nanti saja di Senayan," kata Abah Nanu.

Lewat ruwatan itu, Oni diharapkan memegang teguh adat dan tradisi Sunda. Yang terpenting, Oni bisa menjalankan amanah dengan baik sebagai bagian dari proses ibadah.

"Ini kan sebuah ibadah, bukan mencari materi. Dengan kemampuannya ia harus amanah dalam meningkatkan ajian seni, ajian masyarakat, dan moral," jelasnya.

Oni menyambut baik apa yang dilakukan para seniman terhadapnya. Ia pun makin terpacu untuk bekerja dengan baik menjalankan amanah.

Saat ini, ia masih menunggu proses pelantikan di Senayan yang akan berlangsung 1 Oktober. Setelah dilantik, Oni akan langsung tancap gas. "Nanti akan banyak turun ke lapangan untuk mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat," tutur Oni.

Di DPD nanti, ia berkeinginan duduk di Komite III yang membawahi bidang pendidikan, kesenian, sosial, budaya, dan kesehatan. "Saya pengin di sana karena permasalahan yang ada di Jawa Barat ada di situ, terutama dalam bidang seni dan pendidikan," tandas Oni.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8640 seconds (0.1#10.140)
pixels