Anggaran Untuk Tes Medis Capres-Cawapres Rp300 Juta

Kamis, 22 Mei 2014 - 13:30 WIB
Anggaran Untuk Tes Medis Capres-Cawapres Rp300 Juta
Anggaran Untuk Tes Medis Capres-Cawapres Rp300 Juta
A A A
JAKARTA - Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 hanya diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) serta pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Untuk menyiapkan tes medis bagi kedua pasangan calon tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan anggaran sebesar Rp300 juta, berikut biaya tim dokter yang bertugas.

"Maksimal itu 75 juta setiap orang, tinggal dikalikan saja jumlahnya," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (22/5/2014).

Dijelaskan dia, jika setiap calon dijatah Rp75 juta, maka total anggaran yang bakal dikeluarkan KPU untuk dua pasangan capres dan cawapres menjadi sekira Rp300 juta.

Ferry menambahkan, biaya sebesar itu dianggarkan untuk membiayai lima komponen tes medis seperti rekam jejak kesehatan jasmani dan rohani.

"Meliputi rekam jejak dan medis. Kedua terkait kejiwaan dan rohani, ketiga jasmani, fungsi tubuh, keempat adalah penunjang, misalnya laboratoriun, tes darah, urine dan sebagainya, dan kelima penunjang lainnya," tutur Ferry.

Sekadar informasi, untuk melakukan tes medis capres-cawapres, KPU menyiapkan sebanyak 45 dokter ahli di bidang masing-masing, serta dua ahli dokter bagian pemeriksa kejiwaan atau psikologis.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7232 seconds (0.1#10.140)