RSPAD Jamin Netral dalam Pemeriksaan Pasangan Capres

Kamis, 22 Mei 2014 - 09:59 WIB
RSPAD Jamin Netral dalam Pemeriksaan Pasangan Capres
RSPAD Jamin Netral dalam Pemeriksaan Pasangan Capres
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto ditunjuk sebagai tempat pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen Douglas S Umboh menjamin netralitas mereka, meski salah satu capres berlatar belakang militer.

"Kami telah baca sumpah dokter agar berkenaan dengan kemuliaan sumpah dokter. Transparan jujur adil sesuai dengan persyaratan yang disusun tim IDI (Ikatan Dokter Indonesia)," ujar Douglah di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (22/5/2014)

Kata dia, dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap pasangan capres harus memenuhi persyaratan termasuk untuk tidak aktif di dunia politik.

"(Juga) tidak terlibat dokter pribadi capres cawapres. Kami juga sudah ucapkan sumpah dokter bahwa akan melaksanakan secara objektif dan profesional. Selain itu kita di militer telah menyampaikan bahwa TNI harus netral. Kalau tidak kami akan terancam dipecat," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mulai hari ini KPU mewajibkan pasangan capres dan cawapres untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) mendapat urutan pertama, diikuti Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di hari berikutnya. Ada sekira 14 item pemeriksaan yang harus mereka jalani.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6870 seconds (0.1#10.140)