Pasangan Capres Raung dan Cawapres Umba mendaftar ke KPU

Jum'at, 16 Mei 2014 - 11:59 WIB
Pasangan Capres Raung dan Cawapres Umba mendaftar ke KPU
Pasangan Capres Raung dan Cawapres Umba mendaftar ke KPU
A A A
Sindonews.com - Sejumlah aktivis Greenpeace mendampingi 'Raung dan Umba' untuk mendaftarkan diri menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini.

Raung yang dicirikan sebagai Harimau Sumatera, serta Umba yang dicirikan sebagai spesies Lumba-Lumba, dianggap dua ikon mewakili binatang lainnya yang keberadaannya hampir punah karena tidak mendapatkan perhatian pemerintah.

"Keduanya mendaftar karena belum satu pun bakal calon presiden yang menyatakan 100 persen berkomitmen terhadap pelindungan dan pemulihan lingkungan hidup Indonesia," kata Juru Kampanye Greenpeace Indonesia Afriansyah Nasution, saat mendaftar di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Aksi daftar capres dan cawapres Raung dan Umba dilakukan sebagai aksi protes menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang. Pasalnya, habitat mereka terus terancam punah akibat kebaran hutan yang melanda hutan Indonesia.

Greenpeace mencatat pada kurun waktu sepanjang tahun 2000-2012, Indonesia kehilangan 15,8 juta hektar, termasuk di dalamnya separuh habitat karena kebakaran.

"Sementara pada 2011-2012 tingkat kehilangan hutan mencapai level tertinggi sejak akhir 1990 meski pemerintah telah mengeluarkan aturan jeda tebang (moratorium)," ungkapnya.

Secara keseluruhan, Raung dan Umba melihat lingkungan hidup sebagai penyangga dasar kehidupan hayati termasuk manusia di dalamnya, yang dianggap aktivis Greenpeace masuk pada keadaan kritis. Oleh sebab itu, dengan mendaftar sebagai capres dan cawapres kepada KPU, keduanya berjanji akan 100 persen berkomitmen terhadap lingkungan hidup Indonesia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7760 seconds (0.1#10.140)