Menurut Wikileaks Hadi Purnomo lengser karena intrik CIA

Senin, 05 Mei 2014 - 11:39 WIB
Menurut Wikileaks Hadi Purnomo lengser karena intrik CIA
Menurut Wikileaks Hadi Purnomo lengser karena intrik CIA
A A A
Sindonews.com - Nama eks Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hadi Purnomo, ternyata telah lama mendapat sorotan dari intelijen Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data yang didapat dari Wikileaks.org, Hadi Purnomo merupakan pejabat Indonesia yang sudah dikenal korup.

Lewat website tersebut, jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak yang pernah diemban Hadi, merupakan jabatan empuk alias basah, untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Ternyata, posisi ini dimanfaatkan Hadi untuk keuntungan pribadinya secara maksimal. Akhirnya, siasat untuk menjatuhkan Hadi mulai disusun oleh Pemerintah AS melalui intelijen, Central Intelligence Agency (CIA).

Kronologi upaya menjatuhkan pria yang berusia genap 67 tahun itu, terungkap dalam kawat diplomatik rahasia berkode JAKARTA 00005420 001.2 OF 004 di website Wikileaks.org, Senin (5/5/2014).

Dalam pesan rahasia itu, AS menilai Hadi sebagai figur yang arogan dan kerap melakukan praktik kotor. Pemerintah AS, kesal terhadap tindakan Hadi tersebut yang mencekal terhadap wajib pajak yang tengah diperiksa. Kemudian lewat Sri Mulyani Indrawati yang kala itu menjabat Menteri Keuangan (Menkeu), mencopot Hadi Purnomo dari jabatan Dirjen Pajak pada 2006.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6869 seconds (0.1#10.140)