DPR imbau Menkes buat mapping terkait virus corona

Senin, 05 Mei 2014 - 08:25 WIB
DPR imbau Menkes buat mapping terkait virus corona
DPR imbau Menkes buat mapping terkait virus corona
A A A
Sindonews.com - DPR menilai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak maksimal dalam mengantisipasi penyebaran virus corona. Anggota Komisi VIII DPR Ali Maschan Musa mengatakan, setiap penyakit pasti mempunyai obatnya. Terkait pernyataan Menkes yang mengimbau agar tidak ke Arab Saudi terlebih dahulu dinilai tidak tepat.

"Itu bukan jalan keluar. Menkes seharusnya dapat lebih sigap," kata Ali Maschan saat dihubungi KORAN SINDO, Minggu 4 Mei 2014.

Menurutnya, wabah virus ini bersinggungan langsung oleh masyarakat kita yang beribadah di tanah suci. Dengan banyaknya jumlah jemaah umrah yang dapat mencapai 150 ribu per harinya dan calon jemaah haji pada bulan September mendatang, diharapkan pemerintah dapat bekerja keras membuat antisipasi dari segala arah.

Menurut dia, mapping harus cepat dilakukan. Seyogyanya pemerintah harus memperjelas daerah mana saja yang harus diantisipasi sebelum jatuhnya korban. "Menkes kitakan bukan dari partai, seharusnya dapat bekerja lebih profesional dan sigap," ucapnya.

Ali mengatakan, mapping ini bertujuan agar pengendalian dan antisipasi lebih jelas. Daerah mana saja, bagaimana cara menghindarinya, antisipasinya dan obat yang dapat yang sementara bisa digunakan. Karenanya daerah di Arab belum tentu semuanya terjangkit.

"Menkes tidak bisa mengeneralisasi semua daerah di Arab. Karenanya kerja cepat untuk mapping sangat diperlukan," harapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7335 seconds (0.1#10.140)