JK lebih pantas jadi wantimpres ketimbang cawapres

Selasa, 29 April 2014 - 21:02 WIB
JK lebih pantas jadi...
JK lebih pantas jadi wantimpres ketimbang cawapres
A A A
Sindonews.com - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dinilai lebih cocok menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (wantimpres). Pria berusia 70 tahun lebih ini diharapkan tetap memberikan nasihat berbangsa dan bernegara, tanpa harus terlibat langsung dalam pemerintahan.

"Beliau sangat bagus jika memainkan perannya memantau jalannya pemerintahan dari jauh," kata Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Faisal Nurdin Idris saat dihubungi, Selasa (29/4/2014).

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya, kata dia, JK diharapkan bisa memahami pentingnya proses kaderisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, nantinya akan ada regenerasi yang masuk menjalankan roda pemerintahan.

Koordinator aksi Gerakan Mahasiswa untuk Indonesia Bangkit (GMIB), Ahmad Ghufron mengatakan, desakan tersebut sengaja dikondisikan oleh pihak tertentu. Pihak ini menginginkan agar JK bersedia mendampingi salah satu capres. "Itu sudah massif, terutama di media sosial seperti Twitter," katanya, saat menggelar aksi di Bundaran HI, Jakarta Pusat, kemarin.

Padahal, desakan tersebut tanpa disadari telah menghina JK dalam kapasitasnya sebagai guru bangsa. Apalagi usia JK saat ini sudah di atas 70 tahun. "Kami prihatin. Pak JK bagi kami adalah mantan wakil presiden yang bersih tanpa cacat. Beliau adalah negarawan. Jangan sampai beliau salah langkah," ucapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0719 seconds (0.1#10.140)