Surat suara siluman muncul di Pamekasan

Jum'at, 25 April 2014 - 02:15 WIB
Surat suara siluman muncul di Pamekasan
Surat suara siluman muncul di Pamekasan
A A A
Sindonews.com - Hasil rekapitulasi KPU Jatim terkuat munculnya surat suara 'siluman' di Kabupaten Pamekasan. Setidaknya di TPS tersebut ditemukan kejanggalan-kejanggalan.

Salah satunya dalah di TPS 6 Desa Potoan Laok, Kecamatan Palengan ditemukan dari 483 jumlah DPT plus dua persen tambahan kertas suara, ternyata yang melakukan pencoblosan ada 510 orang.

Anggota Bawaslu Jawa Timur Sri Sugeng Pujiatmoko mengatakan, selain TPS 6 kondisi yang sama juga terjadi di TPS 7 dan TPS 8. "Saat dihitung ulang ada 27 kertas suara yang tidak tahu dari mana asalnya. Kertas suara itu sendiri asli, bukan foto kopian," kata Sri Sugeng, Kamis (24/4/2014).

Dengan kondisi ini, Bawaslu berpendapat bahwa tiga TPS tersebut sudah layak untuk dilakukan coblos ulang. Tiga TPS tersebut tidak ada catatan DPTb (Daftar Pemilih Tetap Tambahan) dan DKPTb (Daftar KHusus Pemilih Tetap Tambahan).

Saat hitung ulang semua suara mengarah ke salah satu partai politik dan caleg tertentu untuk TPS 7 dan 8. "Hasilnya kacau sehingga kita rekomendasikan untuk dilakukan coblos ulang," tambahnya.

Sri Sugeng belum memastikan kapan coblosan ulang. Menurutnya hal itu menjadi wewenangnya KPU. "Biar KPU sendiri yang memutuskan kapan dilakukan PSU," pungkas dia.

Senada, Ketua Bawaslu Jawa Timur Sufyanto juga mengatakan, tiga TPS di Desa Potoan Laok memenuhi kriteria dilakukan PSU. "Setelah dilakukan penghitungan ulang di tiga TPS itu hingga tengah malam, kita langsung menggelar pleno secara maraton hingga dini hari tadi," tambahnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6144 seconds (0.1#10.140)