Kadisdik DKI Jakarta jamin soal bertema 'Jokowi' tak politis

Rabu, 16 April 2014 - 16:45 WIB
Kadisdik DKI Jakarta jamin soal bertema Jokowi tak politis
Kadisdik DKI Jakarta jamin soal bertema 'Jokowi' tak politis
A A A
Sindonews.com - Menjamurnya nama Joko Widodo (Jokowi) di sejumlah soal Ujian Nasional (UN) dituding berbagai pihak bermuatan politis. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta ini sedang diusung PDIP sebagai calon presiden (capres) mendatang. Namun Dinas Pendidikan DKI Jakarta membantah hal tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Lasro Marbun meminta masyarakat memandang hal itu sesuai konteksnya. Lasro jamin, soal itu dibuat jauh hari sebelum pemilu dilakukan.

"Kita semua harus berdiri pada konteksnya. Ini kan konteksnya ujian bahasa, tidak konteks politik. Jadi pasti pembuatan soal dibuat jauh sebelum terjadi pesta demokrasi," kata Lasro Marbun, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (16/4/2014).

Meski muncul di UN yang digelar di Depok, Tangerang dan Bekasi, Lasro menjamin nama gubernurnya tidak muncul di DKI Jakarta.

Seperti diketahui, nama Jokowi muncul di beragam di soal Ujian Nasional tingkat SMA/MA untuk IPS. Pertama kali nama Jokowi muncul di soal Bahasa Indonesia yang ditemukan dalam pelaksanaan UN di Tangerang. Dalam soal itu terdapat profil singkat Jokowi.

Kedua, nama Jokowi muncul dalam mata ujian Sosiologi yang terungkap di Depok. Dalam soal itu membahas keberhasilan program Jokowi dalam menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Yakni program Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Dan yang terbaru, nama Jokowi muncul di soal ujian Bahasa Inggris di pelaksanaan UN Depok dan Bekasi. Tak tanggung-tanggung, terdapat tiga tema soal yang mengangkat Jokowi. Pertama mengenai keberatan Jokowi atas kebijakan mobil murah. Kedua mengenai keberhasilan Jokowi mengangkat Taman Margasatwa Ragunan. Ketiga, mengenai imbauan Jokowi kepada kepolisian untuk meminimalisasi pencurian kendaraan bermotor di Jakarta.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8068 seconds (0.1#10.140)