Husni ingatkan penyelenggara pemilu jaga integritas

Selasa, 08 April 2014 - 17:16 WIB
Husni ingatkan penyelenggara...
Husni ingatkan penyelenggara pemilu jaga integritas
A A A
Sindonews.com - Sehari jelang pencoblosan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengingatkan kepada penyelenggara pemilu tingkat provinsi, kabupaten kota, TPS maupun KPPS untuk menjaga integritas dalam penyelenggaraan Pileg yang digelar besok. Dia meminta agar penyelenggara pemilu menghindari praktik kecurangan.

"Itu wacana belum dilaporkan resmi. Belum tunjuk nama orang. Bagi kami penyelenggara, integritas itu suatu yang utama. Jangankan menawarkan, ditawari juga harus menolak," ujar Husni di gedung KPU, Selasa (8/4/2014).

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengatakan, sudah ada tiga parpol yang melapor ditawari oknum penyelenggara untuk melakukan praktik jual-beli suara.

"Mereka itu menawarkan ke parpol, katanya, 'mau menang apa mau kalah'. Setidaknya tiga parpol yang bicara pada kami," ujar Jimly pada konferensi pers yang digelar di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta, kemarin.

Jimly mengatakan, oknum penyelenggara pemilu ini berasal dari berbagai daerah. Ada di Pulau Jawa, namun kebanyakan di daerah di luar Jawa. "Dari mereka ada yang petugas PPK, ada juga anggota KPU kabupaten," ujar dia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8589 seconds (0.1#10.140)