Hanura dan Gerindra berpeluang rebut pemilih santri

Senin, 07 April 2014 - 10:50 WIB
Hanura dan Gerindra berpeluang rebut pemilih santri
Hanura dan Gerindra berpeluang rebut pemilih santri
A A A
Sindonews.com - Pemilih dari kalangan pondok pesantren menjadi rebutan partai politik (parpol), khususnya berbasis Islam. Misalnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) maupun Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto menyatakan, partai yang berbasis nasionalis-modernis atau dianggap partai baru juga bisa memikat pemilih dari kalangan santri.

"Itu kan alamiah (pemilih), karena ini swing voters. Bisa juga Hanura, Gerindra atau partai yang tergolong baru bisa merebut (pemilih) kalangan santri," kata Gun Gun, di Hotel Acacia, Matraman, Jakarta Pusat, Senin (7/4/2014).

Menurut dosen ilmu politik ini, partai yang tergolong nasionalis-modernis berkesempatan mengambil massa pemilih dari kalangan santri. Hal bisa terjadi jika partai yang berbasis dari kalangan santri seperti PKB dan PPP tidak mengatur kembali basis massanya.

"Tentunya partai yang belum punya dosa atau cacat juga jadi pilihan santri, atau PKB dan PPP harus mampu maintenance ulang mamakai kekuatan basis santri menjadi pemilihnya," terangnya.

Dia menambahkan, PPP, PKB yang merepresentasikan partai Islam berbasis kalangan Nahdlatul Ulama, Partai Amanat Nasional (PAN) berbasis Muhammadiyah, Partai Bulan Bintang (PBB) berbasis Masyumi bisa saja pemilihnya direbut partai berbasis nasionalis-modernis.

"Kita bisa saksikan fenomena Demokrat di pemilu sebelumnya bisa masuk ke sana (pondok pesantren). Nah ini juga berlaku untuk partai seperti Hanura, Gerindra dan lainnya yang baru dua kali ikut pemilu," tambahnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7584 seconds (0.1#10.140)