Siap-siap pendaftaran SBMPTN dibuka Mei

Jum'at, 04 April 2014 - 15:08 WIB
Siap-siap pendaftaran SBMPTN dibuka Mei
Siap-siap pendaftaran SBMPTN dibuka Mei
A A A
Sindonews.com - Bagi siswa yang kurang beruntung di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 jangan berkecil hati. Sebab, kesempatan untuk kuliah di kampus negeri masih terbuka lebar lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

Seperti yang diinformasikan di laman www.sbmptn2014.com, pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada Mei 2014. Seperti halnya tahun sebelumnya, SBMPTN akan digelar secara online (daring). Apabila pendaftaran SNMPTN 2014 dilaksanakan di Laman web.snmptn.ac.id, maka Pendaftaran Sbmptn 2014 karena berbentuk ujian biasanya dilakukan di Laman Panitia Sbmptn (ujian.sbmptn.or.id).

Jika SNMPTN adalah seleksi berdasarkan prestasi akademik maupun nonakademik di sekolah, maka seleksi SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan dengan cara ujian tertulis.

SBMPTN menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, seleksi bersama menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman panjang dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka tahun ini, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menggelar ujian tertulis. Pelaksanaan seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini lah yang disebut SBMPTN.

Berikut ada baiknya kami sampaikan beberapa aturan yang perlu dipahami oleh calon peserta SBMPTN 2014 terkait Pendaftaran SBMPTN yang dijadwalkan Mei 2014 diantaranya:

Pertama, pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id. Kedua, tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id.

Sebelum para peserta SBMPTN melakukan pendaftaran, sebaiknya pastikan dulu bahwa Anda memenuhi persyaratan peserta SBMPTN 2014. Peserta harus lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014. Lulusan tahun 2012 dan 2013 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.

Untuk lulusan tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah. selanjutnya, memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2014, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9516 seconds (0.1#10.140)