Jaring pemilih pemula, relawan KPU ngemal

Jum'at, 21 Februari 2014 - 21:47 WIB
Jaring pemilih pemula, relawan KPU ngemal
Jaring pemilih pemula, relawan KPU ngemal
A A A
Sindonews.com – Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibentuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang mulai beraksi. Mereka turun ke pusat perbelanjaan Malang Olympic Garden (MOG) untuk sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Kegiatan sosialisasi ini, menurut anggota Relasi, Tuti Tisnati, sebagai upaya untuk menekan angka golput. Utamanya untuk masyarakat usia produktif dan pemilih pemula.

"Kami terus melakukan sosialisasi untuk menarik minat para pemilih pemula yang rata-rata masih pelajar, agar tidak sampai golput," tuturnya, sepekan lalu.

Sosialisasi di pusat perbelanjaan modern ini, menurutnya dilaksanakan selama tiga hari. Mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Selain melakukan aksi pembagian seribu selabaran seruan mengikuti Pemilu, para anggota Relasi juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengecek namanya sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum. “Kalau belum terdaftar, segera kami sarankan untuk mengecek ke kelurahan,” tuturnya.

Saat ini, pemilih yang sudah terdata di DPT Kota Malang mencapai sebanyak 604.910 pemilih. Di antaranya, Kecamatan Blimbing sebanyak 131.559 pemilih dan Kecamatan Kedungkandang 136.793 pemilih.

Menurut Ketua KPU Kota Malang Hendry, berdasarkan data Pemilu tahun 2009 lalu, jumlah golput di Kota Malang, mencapai sebanyak 23 persen dari total jumlah pemilih yang terdaftar di DPT.

“Kegiatan ini, sebagai salah satu upaya untuk menekan angka golput tersebut,” ujarnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3324 seconds (0.1#10.140)