Jadi pimpinan KPK, Oegroseno harus ikut seleksi

Rabu, 19 Februari 2014 - 12:16 WIB
Jadi pimpinan KPK, Oegroseno harus ikut seleksi
Jadi pimpinan KPK, Oegroseno harus ikut seleksi
A A A
Sindonews.com - Setelah memasuki masa pensiunnya pada akhir Februari 2014 nanti, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Oegroseno disarankan tetap mengabdikan diri di dunia hukum dengan mendaftar menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar, hal tersebut tidak akan mudah dicapai oleh Oegroseno. Pasalnya, ia harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dalam seleksi calon pimpinan KPK.

"Tidak bisa langsung tiba-tiba jadi pimpinan KPK. Dia (Oegroseno) harus memenuhi berbagai persyaratan dulu untuk menjadi pimpinan KPK," kata Bambang saat dihubungi Sindonews, Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Selain itu, kata Bambang, untuk menjadi salah satu pimpinan KPK menggantikan posisi Busyro Muqoddas yang akan memasuki masa pensiunnya, Komjen Pol Oegroseno juga harus mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) oleh DPR RI.

Sehingga dapat dilihat, apakah Komjen Pol Oegroseno layak untuk menjadi salah satu pimpinan KPK setelah pensiun atau tidak. "Tetap harus ikut fit and proper test dulu. Tidak bisa main masuk-masuk saja," pungkas Bambang.

Baca berita:
Polri persilakan Oegroseno berkiprah di KPK
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1089 seconds (0.1#10.140)