Istana apresiasi kerja Pakde Karwo tangani Kelud

Minggu, 16 Februari 2014 - 17:21 WIB
Istana apresiasi kerja Pakde Karwo tangani Kelud
Istana apresiasi kerja Pakde Karwo tangani Kelud
A A A
Sindonews.com - Pihak Istana mengapresiasi kerja Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo, Pemda Kediri, dan BNPB, serta aparat terkait dalam menangani persoalan bencana meletusnya Gunung Kelud.

Apalagi, tampak sekali masyarakat sudah siap, dan mengikuti instruksi yang diarahkan oleh tim penanggulangan bencana.

"Kehadiran Gubernur Jatim pakde Karwo membuat wajah para pengungsi berseri, bukan saja pernyataan kesiapan pemerintah yang diutarakan Pakde, namun juga karena cara berbincang Pakde yang sangat merakyat," kata Staf Khusus Presiden Heru Lelono dalam pesan singkatnya, Minggu (16/2/2014).

Heru mengungkapkan dalam perbincangan, tutur Heru, Pakde Karwo menceritakan berbagai kesiapan menghadapi keadaan emergensi apabila Gunung Kelud, termasuk permintaan bantuan minyak dari tim daerah setempat.

Ia juga sempat bersama Bupati Blitar, Gubernur Jatim, Kapolda, Panglima Kodam Brawijaya, meninjau lokasi tempat pengungsian di desa Nglegok, Kabupaten Blitar. Pengungsi ditampung disebuah gedung Sekolah, kondisi pengungsi sangat baik. Dapur umum sudah siap, tim kesehatan juga berada di tempat, dan aparat keamanan dari Kepolisian maupun TNI juga aktif bersama.

Seorang pengungsi sempat bertanya kepada Pakde Karwo, apakah rumah mereka yang ditinggalkan rusak atau tidak. Pakde Karwo menjawab, kalau rusak akan diperbaiki pemerintah.

Heru juga merespon positif pernyataan Gubernur Jatim jumlah yang dianggarkan Pemda untuk bencana akan selalu siap, dan sesuai undang-undang yang ada, bila terjadi bencana, maka anggaran yang ada akan diprioritaskan untuk menanggulanginya.

Menurut Heru, kalau penanganan bencana disiapkan dengan baik dan kompak seperti kasus Gunung Kelud ini, maka tidak perlu lagi ada sikap saling menyalahkan yang sering terjadi sebelumnya. Semoga masyarakat yang terdampak oleh letusan Gunung Kelud ini mampu bersabar menghadapi ujian, dan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh tim penanggulangan bencana.

"Pemerintah Jatim dan seluruh aparatnya tetap waspada karena kondisi Gunung Kelud tampak belum stabil," harapnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8822 seconds (0.1#10.140)